Share

Jalan Rusak Parah, Warga Lombok Barat Tandu Ibu Hamil ke Rumah Sakit

Ji Edy Gustan, MNC Portal · Jum'at 09 September 2022 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 340 2664369 jalan-rusak-parah-warga-lombok-barat-tandu-ibu-hamil-ke-rumah-sakit-XgVoxZbZTp.jpg Warga tandu ibu hamil ke rumah sakit akibat jalan rusak. (Foto: Edy Gustan)

LOMBOK BARAT - Warga Dusun Bunut Boyot, Desa Bengkaung, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat harus berjibaku menggotong ibu hamil dari atas ketinggian akibat jalan rusak. Ibu tersebut benama Aji Susilawati yang hendak melahirkan anak keduanya.

Berbekal bambu dan kain sarung, warga beramai-ramai menggotong wanita berusia 35 tahun. Mereka menempuh jalur menurun dengan jurang lebih kurang 1 kilometer. Kejadian berlangsung pada Senin 5 September 2022 pukul 03.00 Wita dini hari.

Gotong royong seperti itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Tidak saja terhadap ibu hamil yang hendak melahirkan, tapi juga bagi masyarakat yang sakit. Mereka akan dibopong hingga ujung jalan beraspal. Selanjutnya dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk memperoleh pertolongan pertama.

Jhoni Iskandar, pemuda Dusun Bunut Boyot mengatakan, infrastruktur jalan yang rusak menjadi alasan utama warga melakukan hal itu. Kawasan Dusun Bunut Boyot yang berada di atas ketinggian tidak mudah mengakses jalur itu. Hanya mereka yang sudah terbiasa yang dapat mengakses jalur tersebut dengan kendaraan roda dua.

 Baca juga: Mengenaskan! Jalan Rusak di KKB Sudah Sembilan Tahun Tak Diperbaiki, Sering Kecelakaan

"Kalau enggak terbiasa, atau coba-coba ya silakan saja. Apalagi kita mau bawa ibu hamil. Solusinya ya, ditandu dengan sarung," kata Jhoni kepada MPI, Jumat (9/9/2022).

Aji Susilawati hendak melahirkan anak keduanya. Awalnya, warga hendak menandunya pada Selasa pagi, namun kondisi kehamilannya mengkhawatirkan. Warga akhirnya sepakat menandunya pada subuh hari hingga ujung jalan.

"Proses persalinannya lancar. Dia langsung pulang dan kembali ditandu hingga rumahnya," kata Jhoni.

Peristiwa serupa pernah terjadi pada Mei 2022 lalu. Warga menandu seorang ibu hamil yang hendak melahirkan. Serupa dengan yang dialami Aji Susilawati, videonya viral di media sosial. Pemerintah Provinsi NTB melalui layanan NTB Care langsung mendatangi pihak keluarga dan memberikan bantuan.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut Jhoni, butuh keseriusan pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk mengatasi persoalan itu. Lagipula, Bupati H. Fauzan Khalid yang saat ini menjabat berasal dari Kecamatan Batu Layar. Dia berharap ada kenang-kenangan yang diberikan pemerintah Lombok Barat untuk masyarakat di Desa Bengkaung, khususnya berupa jalan memadai di Dusun Bunut Boyot.

"Kami pingin menikmati jalan seperti dusun lainnya. Butuh perhatian serius pemerintah daerah," ucapnya.

Sebelumnya, warga Dusun Bunut Boyot pernah mendapat bantuan dari anggota DPRD Lombok Barat berupa rabat jalan, namun terbatas untuk beberapa Rukun Tetangga (RT). Sementara kondisi jalan di kawasan RT 1 tempat Susilawati sangat memprihatinkan. Kondisi bertambah parah saat musim hujan.

Jhoni menceritakan, tidak sedikit warga yang kecelakaan akibat akses buruk tersebut. Ada juga yang pernah patah tangan lantaran jatuh dari motor.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini