Share

5 Fakta Ratu Elizabeth II Meninggal, Dunia Berduka

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 10 September 2022 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 18 2664646 5-fakta-ratu-elizabeth-ii-meninggal-dunia-berduka-X7MEBJNeVO.jpg Ratu Elizabeth II (Foto : Sky Sports)

RATU Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat 9 September 2022 di usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth II menghembuskan nafas terakhirnya di Kastil Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya dilaporkan mengkhawatirkan.

Berikut deretan fakta mengenai Ratu Elizabeth II:

1. Dunia Berduka

Meninggalnya Ratu Elizabeth II membuat dunia berduka. Banyak kalangan menyampaikan rasa dukanya, dari dunia olahraga, selebritis, hingga para pemimpin negara.

Seperti Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengenang sosok Ratu Elizabeth II. Macron menyebut Ratu Elizabeth II merupakan teman dari Prancis.

"Yang Mulia Ratu Elizabeth II mewujudkan kesinambungan dan persatuan bangsa Inggris selama lebih dari 70 tahun. Saya mengingatnya sebagai teman Prancis, seorang ratu baik hati yang telah meninggalkan kesan abadi di negaranya dan abadnya," kata Macron melalui akun Twitter-nya.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

"Pakistan bergabung dengan Inggris dan negara-negara Persemakmuran lainnya berduka atas kematiannya. Belasungkawa tulus saya kepada Keluarga Kerajaan, rakyat, dan pemerintah Inggris," kata Sharif.

Lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada hari ini, Jumat 9 September 2022.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya.

BACA JUGA:Ratu Elizabeth II Meninggal, Raja Charles III: Dalam Mengabdi Tidak Pernah Goyah 

2. 70 tahun menjadi ratu

Ratu Elizabeth II lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926. Saat ini usianya hampir menyentuh satu abad. Ia telah melewati perjalan hidup panjang sebagai seorang ratu. Putri dari Raja George VI dan Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon ini sudah memerintah selama 7 dekade.

Ratu Elizabeth II mulai berkuasa sejak 6 Februari 1952 silam. Saat ini, masa pemerintahannya sudah berjalan 70 tahun 212 hari.

Elizabeth mulai menjalankan tugas sosial pada Perang Dunia II dengan bertugas di palang merah. Hingga saat ini, ia sudah melakukan berbagai kunjungan kenegaraan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Naik takhta ketika di Afrika

Raja George VI meninggal dunia pada 6 Februari 1952 ketika Elizabeth sedang berada di kediaman kerajaan Inggris di Sagana Lodge, lereng selatan Gunung Kenya.

Bagi sebagian kalangan, kekuasaan Ratu Elizabeth II di Kerajaan Britania Raya menandai awal keruntuhan imperium yang memiliki semboyan “Matahari Tidak Pernah Terbenam."

4. Menikah dengan Pangeran Philip

Ketika masih menjadi putri mahkota, Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip, pada 20 November 1947.

Sama seperti Elizabeth, Pangeran Philip juga berasal dari keluarga kerajaan. Sang ayah, Pangeran Andrew, merupakan keturunan Kerajaan Yunani-Denmark. Kakek Pangeran Philip adalah seorang Raja Yunani, yang bernama George I, dan kakek buyutnya adalah Raja Denmark, Christian IX.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II pertama kali berjumpa pada 1934. Kala itu mereka tengah menghadiri pernikahan paman ratu, Pangeran George. Elizabeth baru berusia delapan tahun pada saat itu. Sedangkan Pangeran Philip berusia 13 tahun.

5. Kehilangan orang tercinta

Ratu Elizabeth II harus kehilangan suami tercinta di usia pernikahan mereka yang hampir genap 47 tahun. Pangeran Philip mengembuskan napas terakhir pada 9 April 2021 lalu.

Suami Ratu Elizabeth II yang bergelar Duke of Edinburgh itu meninggal dunia di kediamannya di Kastil Windsor, Berkshire. Sang Ratu pun berduka atas kematian suami yang mendampinginya selama 73 tahun pernikahan.

Prosesi pemakaman Pangeran Philip dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ratu Elizabeth II mengantar jenazah sang suami ke tempat peristirahatan terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini