Share

ASN yang Terbakar Tanpa Kepala Diduga Saksi Korupsi Penghilangan Aset

Angga Rosa AD, Koran Sindo · Sabtu 10 September 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 512 2664745 asn-yang-terbakar-tanpa-kepala-diduga-saksi-korupsi-penghilangan-aset-YOUvdxlw5k.jpg TKP mayat terbakar tanpa kepala di Semarang (Foto: MPI)

SEMARANG - Mayat yang terbakar tanpa kepala di Semarang diduga adalah Iwan Budi Paulus, ASN di Pemkot Semarang. Iwan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dengan dugaan korupsi pengalihan aset.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djuhandani menyatakan, pihaknya menemukan petunjuk adanya dugaan pembunuhan dalam penyelidikan awal penemuan mayat dan motor terbakar di lahan milik PT Mandiri yang berada di kawasan Pantai Marina, Semarang.

Salah satunya, ditemukan bekas siraman bahan bakar minyak (BBM). Bekas siraman BBM tersebut diduga bukan dilakukan oleh korban.

"Untuk saat ini kita masih proses awal penyelidikan. Proses awal penyelidikan memang ada hal-hal yang secara sepintas adanya dugaan pembunuhan. Diduga ya, karena dari TKP ditemukan korban meninggal, kemudian ada bekas-bekas yang diduga mungkin penganiayaan. Dan di situ tersiram ada bekas-bekas bensin dan sebagainya yang diduga ini bukan dilakukan oleh korban sendiri," ujarnya, Jumat 9 September 2022.

Terkait apakah saat kejadian kebakaran korban dalam kondisi hidup atau sudah meninggal, Djuhandani mengatakan, hal itu masih dalam proses penyelidikan. "Mungkin dalam satu dua hari ini, kita akan mengetahui korban sudah meninggal atau belum. Tapi pada prinsipnya, pada penyelidikan awal kita sudah mendapatkan kemungkinan diduga adalah korban pembunuhan," katanya.

Sedangkan terkait apakah korban adalah ASN Pemkot Semarang bernama Iwan Budi Paulus, Djuhandani belum bisa menjawab.

"Mungkin kalau dikait-kaitan dengan itu kami belum bisa menjawab. Karena apa ? Karena apakah ini saudara Iwan sesuai dengan yang tanggal 24 Agustus kemarin dilaporkan hilang atau tidak, tentu saja ini kita masih harus buktikan secara scientific," tuturnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Kedokteran forensik nantinya akan membuktikan benar atau tidak. Kalau memang benar nanti kita juga akan kira-kira, motif dan lainnya mungkin bisa terjawab dengan jelas," imbuhhya.

Polda Jateng bersama Polrestabes Semarang berniat untuk mengungkap kasus ini secara gamblang dan jelas. "Dan mungkin secepatnya kami berupaya menungkap kasus ini dan kami mohon doanya dari rekan-rekan semua (awak media)," ujarnya.

Penemuan korban bermula dari temuan sepeda motor yang terbakar oleh salah seorang petugas penjaga lahan milik PT Family. Di dekat sepeda motor yang terbakar, ternyata ditemukan sesosok jasad yang juga hangus terbakar tanpa kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini