Share

Desa Adat Baduy Banjir, 3 Jembatan Hanyut Wisatawan Sulit Dievakuasi

Iskandar Nasution, iNews · Senin 12 September 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 340 2665634 desa-adat-baduy-banjir-3-jembatan-hanyut-wisatawan-sulit-dievakuasi-kv5ACku1C1.jpg Desa Adat baduy kebanjiran (Foto: iNews)

LEBAK - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi membuat Desa Adat Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten, terendam banjir. Sejumlah wisatawan sulit dievakuasi karena beberapa jembatan hanyut terbawa banjir.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ada tiga jembatan bambu rusak dan 9 rumah warga terendam banjir.

Banjir tersebut terjadi pada Minggu 11 September 2022. Hujan lebat yang terjadi sejak siang hingga malam hari kemarin, membuat 3 jembatan bambu seperti Jembatan Cijahe, Cikeusik dan Cibeo, hanyut terbawa banjir.

Sejumlah wisatawan yang awalnya berada di Baduy Dalam terpaksa dievakuasi mandiri. Warga Baduy pun kesulitan mengakses jalan karena jembatan rusak.

Selain banjir, longsor juga terjadi di Kampung Cibogo dan Desa Kanekes, mengakibatkan 2 rumah rusak akibat tertimbun material tanah.

Banjir di Desa Baduy memang terdengar aneh, masyarakat adat Baduy yang dikenal sebagai penjaga hutan lindung, justru kebanjiran. Diduga wilayah hutan lindung mulai rusak akibat adanya pembalakan liar yang mengakibatkan banjir yang sudah kesekian kali ini terjadi.

"Sedikitnya ada 9 rumah terendam banjir dan tiga jembatan bambu rusak," ujar Kepala BPBD Lebak Feby Rizki, Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurut Feby Rizki, dari pantau petugas,selain banjir juga terjadi longsor yang mengakitbakan 2 rumah warga tergerus longsor.

Pihaknya berharap warga yang berada di kawasan bahaya banjir dan longsor diharap waspada karena cuara buruk yang disertai hujan deras masih akan terjadi hingga tanggal 16 September 2022. Petugas akan memantau kerusakan banjir dan longsor yang terjadi kemarin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini