Share

Ribuan Pendukung Lukas Enembe Bakal Demo, Ini Pesan Tokoh Adat Papua

Edy Siswanto, Okezone · Minggu 18 September 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 340 2669851 ribuan-pendukung-lukas-enembe-bakal-demo-ini-pesan-tokoh-adat-papua-zLUpdL7m8I.jpg Tokoh Adat Tabi, Ondo Yanto Eluay (foto: MPI/Edy)

JAYAPURA - Ribuan pendukung Gubernur Papua Lukas Enembe berencana akan menggelar aksi unjuk rasa di Jayapura, terkait kasus yang saat ini tengah menjerat orang nomor satu di Papua itu.

Menanggapi hal itu, Tokoh Adat Tabi, Ondo Yanto Eluay meminta dengan tegas kepada massa Lukas Enembe saat menyalurkan aspirasi secara aman dan tertib.

"Kami selaku tokoh adat menghimbau kepada seluruh simpatisan yang akan terlibat melakukan dukungan moril, dalam hal ini demo sehubungan dengan kasusnya Bapak Lukas Enembe, Saya harap supaya tidak sampai berdampak pada terganggunya situasi Kamtibmas, situasi yang tidak kondusif, yang tidak aman dan mengganggu aktivitas masyarakat baik di kota Jayapura maupun Kabupaten Jayapura," kata Yanto, Minggu (18/9/2022).

 BACA JUGA:KPK Bakal Usut Sumber Uang Puluhan Miliar di Rekening Lukas Enembe

Kata dia, semua masyarakat Papua khususnya di Kota dan Kabupaten Jayapura harus menghargai upaya masyarakat adat Tabi untuk menjaga Kamtibmas utamanya dalam mempersiapkan even nasional Kongres Masyarakat Adat Nasional pada Oktober mendatang.

"Jadi kami himbau lagi, jangan membuat situasi yang tidak aman, tidak nyaman di sini, karena kita ketahui bahwa di bulan Oktober Papua menjadi tuan rumah kongres masyarakat adat Nusantara, dan sebagai tuan rumah adalah Kabupaten Jayapura dan kota Jayapura seluruh masyarakat adat di nusantara akan berdatangan untuk kegiatan itu," bebernya.

Pihaknya juga meminta dukungan seluruh masyarakat di Papua, agar agenda yang rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut berlangsung aman.

 BACA JUGA:KPK Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe

"Kami masyarakat adat di kota maupun kabupaten Jayapura meminta kepada semua masyarakat untuk mendukung kegiatan itu, dengan menciptakan keamanan ketertiban dan situasi yang kondusif agar tidak meresahkan peserta dari seluruh Nusantara yang akan hadir," tuturnya.

 

"Silakan bagi para pendukung yang akan memberikan dukungan moril dilakukan secara santun dan bermartabat dan menjaga marwah kita masyarakat adat Papua dan turut mensukseskan kongres masyarakat adat Papua," sambungnya.

Terkait kasus yang dialami oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Ondo Yanto meminta semua pihak hendaknya taat terhadap hukum yang berlaku, karena menurutnya penegakan hukum kasus-kasus Korupsi di Papua adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Papua sendiri.

"Kami mendukung penegakan hukum di Papua, kepada institusi yang melakukan penegakan hukum di Papua seperti KPK Polri maupun Kejaksaan untuk kita dukung sama-sama karena apa yang mereka lakukan itu dalam rangka mensejahterakan masyarakat Papua mengawasi penyalahgunaan dana-dana untuk kemajuan masyarakat Papua ini adalah hal prinsip, dan yang saya pikir semua masyarakat Papua harus sadar untuk mendukung penegakan hukum itu," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini