Share

5 Negara yang Letaknya di dalam Negara dan Diakui Dunia, Ini Daftarnya

Cita Zenitha, MNC Portal · Selasa 20 September 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671473 5-negara-yang-letaknya-di-dalam-negara-dan-diakui-dunia-ini-daftarnya-Scyr9yNlRV.png Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Ini 5 negara yang letaknya di dalam negara dan diakui dunia. Fenomena ini menjadi salah satu hal unik dunia yang menjadi pertanyaan hingga kini.

Negara merupakan suatu kesatuan organisasi yang menempati suatu wilayah dengan menjalankan hukum dan kekuasan yang sah. Di dalamnya negara menjalankan suatu sistem yang dipimpin oleh satu orang untuk keberlangsungan hidup masyarakat yang dipimpinnya.

Suatu negara dengan negara lainnya umumnya dibatasi dengan laut atau pegunungan. Sejatinya membangun suatu negara tidaklah mudah sebab harus memiliki pengakuan yuridis. Namun ternyata ada beberapa negara yang berdiri secara sah di dalam sebuah negara, bagaimana bisa?

Kali ini Okezone telah merangkum 5 negara yang letaknya di dalam negara yang diakui dunia. Kira-kira negara mana saja yang berdiri secara sah di dalam suatu negara?

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut 5 negara yang letaknya di dalam negara dan diakui dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Lesotho

Lesotho adalah sebuah negara kecil yang terletak di tengah Afrika Selatan. Negara kecil ini dulunya merupakan wilayah yang disebut Batusoland dan diperintah oleh Raja Moshoeshoe dari tahun 1822 hingga 1868. Pada tahun 1966, koloni Inggris ini mendeklarasikan kemerdekaan.

2. Vatikan

Bagi umat Katolik, Vatikan merupakan sebuah wilayah yang memegang  tahta tertinggi kepemimpinan umat katolik dunia. Walau terkenal sebagai kota suci, ternyata Vatikan adalah sebuah negara kecil yang berdiri dan berdaulat di tengah Kota Roma, Italia.

3. Monaco

Siapa sangka Monaco adalah negara terkecil kedua di dunia. Ya, Monaco adalah sebuah negara kecil yang terletak di tengah Perancis. Meski terjepit oleh Prancis, kedua negara memiliki kedaulatan dan kebijakan yang berbeda.

4. San Marino

Selanjutnya San Marino masuk ke dalam jajaran sebuah negara yang berdiri di dalam negara. Sebagai negara kecil, diperkirakan San Marino dihuni kurang lebih oleh 33.000 penduduk yang hidup di Italia. Walau demikian San Marino memiliki pandangan politik yang berbeda dengan sebagian besar negara di Italia.

5. Gambia

Gambia menjadi negara kecil yang berdiri secara berdaulat di Afrika. Kendati demikian Gambiri terjepit diantara wilayah-wilayah di Senegal.Gambia dapat berdiri sendiri dengan memanfaatkan kekayaan alamnya sebaik mungkin. Mayoritas penduduk Gambia bekerja sebagai petani dan nelayan.

Demikian 5 negara yang letaknya di dalam negara dan diakui dunia. Bagaimana menurutmu?. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini