Share

5 Tokoh yang Meninggal di Luar Negeri

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 18 2671961 5-tokoh-yang-meninggal-di-luar-negeri-pVtE2QRR78.jpg Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra. (MPI)

KEMATIAN merupakan rahasia Tuhan. Kepergian seseorang dapat terjadi secara mendadak.

Penyebabnya pun beragam, karena sakit ataupun kecelakaan. Berikut tokoh dunia yang meninggal di luar negeri, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022).

1. Azyumardi Azra (Ketua Dewan Pers Indonesia Periode 2022-2025)

Pada Minggu (18/9/2022), Ketua Dewan Pers Prof Dr Azyumardi Azra meninggal dunia ketika menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia. Sebelum meninggal dunia, ia sempat menjalani perawatan selama dua hari di rumah sakit.

Diketahui, ia mengalami acute inferior myocardial infarction. Hasil tes Covid-19 jenazah Prof Dr Azyumardi negatif.

Setibanya di Tanah Air, jenazah disemayamkan di rumah duka di Perumahan Puri Laras II, Cirendeu, Tangerang Selatan, Senin (19/9/2022). Pada Selasa (20/9/2022) jenazah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

2. Keith Martin (Penyanyi Asal Amerika Serikat)

Penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Keith Martin meninggal dunia pada 25 Maret 2022. Pelantun lagu “Because of You” ini ditemukan meninggal dunia di kondominiumnya di Quezon City, Filipina.

Diketahui, Keith Martin ini sudah lama tinggal di Filipina. Ia ditemukan meninggal dunia setelah ada laporan dari tetangga. Tetangga Keith Martin ini mencium bau busuk hingga melaporkannya kepada petugas keamanan.

Sheree Bautista, teman dekat Keith Martin dan penyanyi Filipina, mengatakan Keith sempat mengeluhkan kondisi kesehatannya sebelum ditemukan meninggal dunia.

3. Jim Morrison (Vokalis Band The Doors)

Jim Morrison adalah vokalis band The Doors. Pria kelahiran Florida, Amerika Serikat ini ditemukan tewas di bath tub apartemennya di Prancis pada 3 Juli 1971. Ia ditemukan tak bernyawa oleh sang kekasih, Pamela Courson.

Berdasarkan keterangan medis, Morrison diduga terkena serangan jantung. Namun terdapat kabar yang beredar tewas karena overdosis. Pria dengan nama asli James Douglass Morrison ini tewas ketika berada di puncak popularitasnya.

4. Che Guevara (Pahlawan Revolusi Kuba)

Ernesto Guevara atau lebih dikenal Che Guevara lahir di Argentina, 14 Juni 1928. Ia merupakan sosok pahlawan di balik Revolusi Kuba. Diketahui, Guevara adalah aktivis politik yang mengabadikan hidupnya guna meruntuhkan imperialisme serta mendirikan sosialisme.

Ketika kuliah, ia melakukan dua perjalanan panjang pada 1950 dan 1951. Perjalanan panjang ini yang mengubah pandangan terkait dirinya sendiri serta kondisi ekonomi yang ada pada saat itu. Ia diperkenalkan dengan pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro, pada 1955. Mereka pun berusaha untuk melawan imperialisme.

Pada Oktober 1967, Che Guevara ditangkap oleh pasukan pemerintah Bolivia karena memicu revolusi di Bolivia. Kemudian, ia dibawa ke La Higuera, Bolivia. Jenazah Guevara baru ditemukan pada 1997 di dekat landasan udara Vallegrande, Bolivia.

5. Putri Diana

Dunia mengenal Putri Diana sebagai sosok yang welas asih dan dicintai begitu banyak orang. Ia menikah dengan Pangeran Charles, putra Ratu Elizabeth II yang kini menjadi Raja Charles III, pada 29 Juli 1981. Pernikahan mereka menjadi salah satu momen pernikahan yang paling banyak disaksikan di dunia.

Sayangnya, pernikahan mereka dihiasi dengan konflik, salah satunya disebabkan cinta Charles yang masih besar kepada mantan kekasihnya saat itu, Camilla. Charles dan Diana, yang telah memiliki dua putra, bercerai pada 1996.

Pada tahun berikutnya, Diana meninggal dunia. Mobil yang ditumpanginya bersama sang kekasih, Dodi Al Fayed, serta sopir, mengalami kecelakaan saat melintas di terowongan Pont de l’Alma, Paris, Prancis, pada 31 Agustus 1997. Mereka tewas di lokasi. (Diolah dari berbagai sumber/Litbang MPI/Tika Vidya Utami)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini