Share

Inovasi SISTER PERI Sukses Hantarkan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Raih Penghargaan KDI 2022

Rizqa Leony Putri , Okezone · Jum'at 23 September 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 1 2673464 inovasi-sister-peri-sukses-hantarkan-bupati-pasuruan-irsyad-yusuf-raih-penghargaan-kdi-2022-8PPF5p7xta.jpg Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf sukses meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori kesehatan. Penghargaan tersebut diberikan atas inovasi yang berhasil mengoptimalisasi pelayanan kesehatan di Kabupaten Pasuruan, yaitu SISTER PERI.

Sistem Pelayanan Terpadu Geriatri (SISTER PERI) besutan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. SISTER PERI merupakan bentuk optimalisasi pelayanan kesehatan terhadap lansia yang jumlahnya relatif besar di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Saat ini, SISTER PERI dioperasikan di RSUD Grati Kabupaten Pasuruan yang mencakup sebanyak 65.948 jiwa lansia yang berdomisili di total 12 kecamatan di wilayah timur Kabupaten Pasuruan.

RSUD Grati berinisiatif menciptakan pelayanan khusus bagi lansia berupa Klinik SISTER PERI yang memberikan layanan one stop service tanpa antri, serta ruang klinik dengan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan holistik dalam satu ruangan khusus bagi pasien lansia.

 

Tim SISTER PERI-AVENGERS tengah membawa pasien di Desa Kalipang menuju RSUD GRATI menggunakan ambulans khusus. (Foto: dok Pemkab Pasuruan)

Melalui fasilitas ini, pelayanan dokter spesialis, laboratorium, farmasi, fisioterapi, konsultasi gizi dapat dilakukan tanpa perlu berpindah tempat. Selain dapat memangkas waktu pelayanan, sistem tersebut tentunya berfungsi agar pasien lansia yang rentan tidak tercampur dengan pasien lainnya dan mengurangi risiko tertular penyakit lain.

SISTER PERI juga memberikan pelayanan home visit, antar jemput pasien dengan mobil khusus, serta pelayanan kegawatdaruratan pasien lansia di rumah melalui sistem aplikasi SISTER PERI-AVENGERS.

Tersedia fitur panic button yang dapat mendatangkan langsung tim IGD ke rumah pasien untuk melakukan penanganan lebih cepat dan optimal. Pasien lansia juga mendapatkan layanan high access berupa WhatsApp Group SISTER PERI hingga kunjungan dokter spesialis dalam kegiatan paguyuban lansia setiap bulannya.

Penyerahan penghargaan KDI 2022 dilakukan di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022). Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Dalam sambutannya, Agung Firman Sampurna menyampaikan apresiasi kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf beserta kepala daerah yang telah berhasil meraih penghargaan KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan, jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka, dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” katanya.

 

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf berpose bersama para kepala daerah, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar usai menerima anugerah KDI 2022 di Semarang, Kamis (22/9/2022). (Foto: MNC Portal Indonesia)

Menurut Bupati Irsyad, keberhasilan program SISTER PERI tentunya tak luput dari segenap pihak yang terlibat. Tak terkecuali Tim Terpadu Geriatri yang terdiri dari dari dokter spesialis, perawat, bidan, analis petugas laboratorium, farmasi, gizi, fisioterapi, serta petugas ambulans gawat darurat (AGD).

Oleh karena itu, Irsyad menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilan pelaksanaan inovasi SISTER PERI di Kabupaten Pasuruan.

“Terima kasih kepada MNC Portal Indonesia MNC Group yang telah memberikan apresiasi kepala daerah inovatif 2022, alhamdulillah saya salah satu yang berkelanjutan. Kami meraih apresiasi, saat ini adalah kategori bidang kesehatan, terutama inovasi yang kami lakukan adalah SISTER PERI,” ucapnya.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf usai menerima penghargaan KDI 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)

Selain mendapatkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 Kategori Kesehatan, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf juga meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Berkelanjutan.

“Ini sebenarnya menjadi motivasi kami untuk memberi inovasi, Alhamdulillah saya mendapatkan kepala daerah inovatif kalau tidak salah sudah delapan kali dan berkelanjutan. Saya sangat terima kasih dengan apresiasi yang diberikan oleh MNC Group kepada kepala-kepala daerah,” ujar Bupati Irsyad Yusuf.

Dia juga mengatakan jika terus termotivasi untuk setiap tahun memiliki inovasi baru. “Sekecil apapun inovasi itu harus kita apresiasi.”

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 merupakan apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia bersama Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. Kali ini, ajang KDI bertema Inovasi untuk akselerasi kemajuan daerah memonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pendidikan.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini