Share

Hubungkan Wilayah Terisolir dengan Ring Road, Bupati Aceh Barat Raih KDI 2022

Karina Asta Widara , Okezone · Jum'at 23 September 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 1 2673703 hubungkan-wilayah-terisolir-dengan-ring-road-bupati-aceh-barat-raih-kdi-2022-mauRbl3SR1.jpg Bupati Aceh Barat saat menerima penghargaan KDI 2022 (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG - Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pelayanan Publik dianugerahkan kepada Bupati Aceh Barat Ramli. KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia, yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Ajang KDI 2022 diselenggarakan di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022) malam.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia MNC Group, yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2022. Kami meraih apresiasi kategori Pelayanan Publik dengan inovasi Konektivitas atau Ring Road jalan lingkar Aceh Barat, dengan membuat jalan ring road atau koneksi antar kecamatan, antar desa untuk membangkitkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," jelas Bupati Ramli.

Penghargaan yang diraih tersebut tidak lepas dari program inovatif yang dilakukan Bupati Aceh Barat, yakni konektivitas wilayah terisolir dengan pembangunan ring road. Pemkab Aceh Barat sudah membangun enam jembatan dan empat ruas jalan untuk menghubungkan berbagai kecamatan dan Sungai Mas.

"Konektivitas yang baik antar wilayah diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi, sosial, maupun budaya. Alhamdulillah dengan hadirnya jalan ring road ini, wilayah-wilayah terpencil di Aceh Barat sudah mulai saling terkoneksi," jelas Bupati Ramli.

Menurutnya, sebelum ada jalan lingkar, jarak tempuh antar kecamatan di Kabupaten Aceh Barat masih cukup jauh dan sulit untuk dilalui. Namun saat ini, jarak tersebut sudah bisa dipangkas, misalnya perjalanan dari Kecamatan Sungai Mas ke Meulaboh, sebelumnya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam, tapi melalui ringroad jaraknya bisa ditempuh sekitar 50 menit saja.

 

Konektivitas yang baik antar wilayah diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi, sosial, maupun budaya dok. Pemkab Aceh Barat

Dia berharap, hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa, khususnya desa terpencil. "Pembangunan jalan ring road memang visi misi saya untuk membangun desa, karena jika desa sejahtera maka kota juga akan ikut maju," tambah Bupati Ramli.

Selain infrastruktur jalan dan jembatan, pihaknya terus membangun fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern, serta nyaman. Ia berharap dengan terbukanya akses transportasi antar desa dan Kecamatan serta fasilitas kesehatan yang baik, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat khususnya di sektor ekonomi, pendidikan, sosial budaya, serta kesehatan.

Pada kesempatan ini, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Bupati Aceh Barat dan kepala daerah penerima KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. oleh karena itu dibutuhkan terobosan dan inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Agung.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada Bupati inovatif, ada Wali Kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” kata Mendes.

Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah (2014), Makassar, Sulawesi Selatan (2015), Bandung, Jawa Barat (2016), DKI Jakarta (2017), Makassar, Sulawesi Selatan (2018), Padang, Sumatera Barat (2019), secara virtual karena masih dalam situasi pandemi (2020 dan 2021), dan Semarang, Jawa Tengah (2022).

Pada ajang KDI 2022 yang bertema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong era Society 5.0, ini terdapat lima kategori penghargaan yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini