Share

Inovasi Sikasep Membara Hantarkan Bupati Majalengka Raih KDI 2022

Karina Asta Widara , Okezone · Jum'at 23 September 2022 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 1 2673905 inovasi-sikasep-membara-hantarkan-bupati-majalengka-raih-kdi-2022-7RK4CGrpY5.jpg Eman Suherman, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka Mewakili Bupati Majalengka Menerima Penghargaan KDI 2022/ (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG - Bupati Majalengka Karna Sobahi meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Kesehatan. KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia, yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Pada ajang KDI 2022 yang bertema Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong era Society 5.0, ini terdapat lima kategori penghargaan yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan. Kali ini, KDI 2022 diselenggarakan dari Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022) malam.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2022. Kami meraih apresiasi untuk kategori Kesehatan. Terima kasih juga kepada Pemkot Semarang yang sudah menjadi tuan rumah ajang penghargaan KDI 2022," jelas Eman Suherman, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, yang mewakili Bupati Karna saat menerima penghargaan KDI 2022.

Penghargaan tersebut tidak lepas dari program inovatif yang dilakukan Bupati Karna, yakni Sikasep Membara (Aksi Keluarga Sehat Enyahkan Penyakit Menuju Masyarakat Bagja Raharja).

Sikasep Membara adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Majalengka melalui Puskesmas Ligung. Inovasi ini dilakukan dalam rangka mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk mendeteksi dini penyakit yang diderita masyarakat. Inovasi ini di launching pada Juli 2022.

Sikasep Membara sendiri ditujukan untuk mendukung inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka yang bernama "Mekar Membara" dan “Puskesmas Nganjang Ka Imah" sekaligus mendukung pencapaian standar pelayanan bidang kesehatan.

Atas inovasi tersebut, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna mengapresiasi Bupati Majalengka dan para kepala daerah penerima KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka, dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” kata Mendes.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka Eman Suherman berpose bersama para kepala daerah, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar usai menerima anugerah KDI 2022 di Semarang, Kamis (22/9/2022). (Foto: MNC Portal Indonesia)


Dalam kesempatan sebelumnya, Bupati Karna mengatakan, pandemi Covid-19 memberi pelajaran bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting dan fundamental dalam kehidupan. Inovasi Sikasep Membara adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Ligung dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk mendeteksi penyakit yang ada pada masyarakat, sehingga masyarakat terhindar dari penyakit dan kehidupan lebih sehat.

Dia juga menuturkan jika Dinas Kesehatan Majalengka terus melakukan inovasi dalam bidang kesehatan, sebagai wujud meningkatkan taraf kesehatan hingga pelosok desa.

Program inovasi di setiap Puskesmas akan meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Selain itu di setiap puskesmas diinstruksikan adanya pemeriksaan dini serta preventif kesehatan. Upaya kesehatan preventif adalah suatu upaya melakukan berbagai tindakan untuk menghindari terjadinya berbagai masalah kesehatan yang mengancam masyarakat.

Bupati Karna mengatakan, inovasi sebagai bentuk terobosan dalam mewujudkan program pemerintah yang berjenjang. Ini diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan pada bidang kesehatan. Dari sekian banyak inovasi yang digagas Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas se-Kabupaten Majalengka semuanya merupakan implementasi dari visi dan misi Kabupaten Majalengka.

Lanjutnya, dia mengatakan inovasi yang digagas merupakan implementasi dari visi Majalengka, yaitu terwujudnya masyarakat yang sejahtera, serta meningkatnya kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata dan terjangkau.

Seperti diketahui, ajang Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah (2014), Makassar, Sulawesi Selatan (2015), Bandung, Jawa Barat (2016), DKI Jakarta (2017), Makassar, Sulawesi Selatan (2018), Padang, Sumatera Barat (2019), secara virtual karena masih dalam situasi pandemi (2020 dan 2021), dan Semarang, Jawa Tengah (2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini