Share

Peras dan Sekap Korban, Polisi Gadungan Ditangkap

Dede Febriansyah, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 610 2678542 peras-dan-sekap-korban-polisi-gadungan-ditangkap-Bq4oyhrERH.jpg Polisi gadungan ditangkap Polres Muba. (MNC Portal/Dede Febriansyah)

MUBA - Polres Musi Banyuasin menangkap komplotan polisi gadungan yang melakukan penyekapan disertai pemerasan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, pada Kamis (15/9/2022)

Kapolres Muba, AKBP Siswandi mengatakan, komplotan tersebut terdiri atas empat pelaku, yaitu Ahmad Emza (meninggal dunia saat ditangkap), Egi Muzakir (27), Ardiansyah (25), dan Febriansyah (33).

"Dari hasil penyelidikan, para pelaku ini pernah beraksi di sejumlah wilayah Sumsel, seperti di Lahat, Muara Enim, dam terakhir kemarin di Muba. Modusnya selalu sama yakni mengaku sebagai anggota polisi lalu menyekap dan meminta tebusan," ujar Siswandi, Jumat (30/9/2022).

Dalam setiap aksinya, kata Siswandi, komplotan tersebut selalu mengaku sebagai anggota polisi dan membawa korbannya ke mobil dengan mata tertutup.

Selanjutnya, korban diajak berkeliling dan diminta menghubungi pihak keluarga untuk memberikan uang tebusan.

"Sejumlah barang bukti kita amankan, seperti senjata api mainan, bukti transfer korban kepada pelaku dan kendaraan yang digunakan," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, saat beraksi di Muba komplotan tersebut secara tiba-tiba mendatangi warga yang sedang bermain kartu Remi.

Lalu, para korban diminta masuk ke mobil dengan mata tertutup. Mereka mengaku sebagai anggota polisi dan menangkap korban dengan alasan bermain judi.

Dalam perjalanan, korban diminta menghubungi pihak keluarga untuk menyerahkan uang sebesar Rp30 juta. Situasi itu dilaporkan keluarga korban ke pihak kepolisian yang langsung ditanggapi dengan melakukan penyelidikan.

"Saat hendak ditangkap, para pelaku berusaha melarikan diri, sehingga sempat terjadi kerjar-kejaran," katanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Mobil yang berhasil dihentikan, membuat para pelaku tersudut dan memberikan perlawanan dengan mengeluarkan senjata api. Pihak kepolisian yang mengetahui hal itu mengambil tindakan tegas dan terukur.

Dengan menembak para pelaku, alhasil Ahmad Emza yang merupakan pecatan anggota polisi tewas tertembak, sedangkan Febriansyah mengalami luka tembak di bagian bokong.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini