Share

Ratu Denmark Minta Maaf Usai Melucuti Gelar Kerajaan 4 Cucunya

Susi Susanti, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680620 ratu-denmark-minta-maaf-usai-melucuti-gelar-kerajaan-4-cucunya-oYhJ8hXoC8.jpg Ratu Denmark Margrethe II (Foto: AP)

DENMARK - Ratu Denmark meminta maaf setelah melucuti gelar kerajaan dari empat cucunya. Namun Ratu juga tidak mengubah keputusan itu dan tidak mengembalikan gelar kerajaan ke mereka.

Ratu Margrethe II mengatakan dia ingin monarki "sesuai dengan waktu yang terjadi saat ini", bahwa keputusannya telah lama dipikirkan, dan bahwa keputusan itu akan "membuktikan masa depan" institusi tersebut.

Tapi dia "meremehkan" reaksi keluarganya ", karena itu Ratu meminta maaf".

Keputusan awal ini diumumkan pekan lalu dan akan diberlakukan mulai tahun depan.

 Baca juga: Ratu Denmark Margrethe II Cabut Gelar Kerajaan Empat Cucunya

"Gelar pangeran dan putri yang mereka pegang sampai sekarang akan dihentikan," kata pernyataan awal, dikutip BBC.

Baca juga: Ratu Denmark Positif Covid-19, Gejala Ringan dan Batalkan Liburan ke Norwegia

"Keturunan Pangeran Joachim dengan demikian harus diperlakukan sebagai yang terbaik di masa depan,” lanjutnya.

Istana mengatakan ini adalah "perpanjangan alami" untuk keinginan raja Denmark untuk merampingkan monarki.

"Yang Mulia Ratu ingin menciptakan kerangka kerja bagi keempat cucu untuk dapat membentuk kehidupan mereka sendiri ke tingkat yang jauh lebih besar," ungkap pernyataan pekan lalu.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Tetapi setelah apa yang digambarkan Margrethe sebagai "reaksi keras" terhadap keputusannya, dia meminta maaf dalam sebuah pernyataan baru karena meremehkan reaksi tersebut.

"Tidak ada yang meragukan bahwa anak-anak, menantu dan cucu-cucu saya adalah sumber kebahagiaan dan kebanggaan besar saya. Saya sekarang berharap bahwa kita sebagai sebuah keluarga dapat menemukan kedamaian untuk menemukan jalan kita melalui situasi ini," katanya.

Sementara itu, Pangeran Joachim - putra bungsu Ratu Margrethe - mengatakan dia kesal dengan perubahan itu.

"Tidak pernah menyenangkan melihat anak-anak Anda dianiaya seperti itu," terangnya kepada Ekstra Bladet.

"Mereka menemukan diri mereka dalam situasi yang tidak mereka pahami,” ujarnya.

Istrinya, Putri Marie, mengatakan anak bungsunya telah diganggu di sekolah menyusul apa yang dia sebut pengumuman "pemberitahuan singkat".

Dalam sebuah wawancara, pasangan itu juga mengatakan Ratu Margrethe belum berbicara dengan mereka sejak perubahan diumumkan. Seorang cucu, Pangeran Nikolai, mengatakan keluarganya "terkejut" dengan keputusan itu.

Sebagai informasi, mulai awal 2023, keempat anak Joachim - Pangeran Nikolai, 23, Pangeran Felix, 20, Pangeran Henrik, 13, dan Putri Athena, 10 - akan dikenal dengan gelar Pangeran dan Pangeran Monpezat, bukan Pangeran dan Putri.

Putra tertua Ratu Margrethe II, Putra Mahkota Frederik, berada di urutan pertama takhta. Keempat anaknya akan mempertahankan gelar mereka.

Istrinya, Putri Mahkota Mary, mendukung Ratu, dengan mengatakan "perubahan bisa sulit dan bisa sangat menyakitkan. Tapi ini tidak berarti bahwa keputusan itu tidak tepat".

Sementara itu, Raja Denmark, 82, dinyatakan positif Covid-19 setelah menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II - yang merupakan sepupu ketiganya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini