Share

Longsoran Salju, 10 Pendaki Meninggal dan 20 Hilang di Gunung Himalaya

Susi Susanti, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 18 2682142 longsoran-salju-10-pendaki-meninggal-dan-20-hilang-di-gunung-himalaya-oMgELN0QFD.jpg 10 pendaki meninggal dan 20 hilang akibat longsoran salju di Gunung Himalaya (Foto: AP)

INDIA - Sedikitnya 10 orang meninggal dan puluhan pendaki hilang setelah longsoran salju menghantam tim pendaki gunung  di Himalaya India.

34 peserta pelatihan dan tujuh instruktur sedang berlatih navigasi ketika mereka tertabrak longsoran salju saat turun dari puncak gunung itu di negara bagian utara Uttarakhand.

Dikutp BBC, polisi mengatakan 14 orang telah diselamatkan, sementara hampir 20 orang masih hilang.

Laporan sebelumnya mengatakan bahwa partai tersebut telah tersapu ke dalam jurang. Angkatan udara India membantu upaya penyelamatan.

 Baca juga: Ketika Puncak Tertinggi Afrika Punya Internet Cepat, Para Pendaki Kegirangan

Kelompok ini terdiri dari peserta pelatihan dari Institut Pendakian Gunung Nehru di dekatnya. Mereka diketahui telah kembali dari Gunung Drupadi Danda-2 (5.670m; 18.602 kaki) ketika longsoran salju melanda.

 Baca juga: Wanita Pendaki Gunung Everest hingga 10 Kali Mengaku Lahir di Sebuah Gua

Petugas penyelamat mengatakan pihak berwenang disiagakan sekitar pukul 09:30 waktu setempat (04:00 GMT) pada Selasa (4/10/2022).

Upaya pencarian dihentikan semalam karena hujan dan salju, tetapi dilanjutkan pada Rabu (5/10/2022).

Kepala polisi Uttarakhand Ashok Kumar mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa tim penyelamat dapat memulai kembali operasi karena cuaca telah cerah. "Hari ini sudah ditemukan enam jenazah. Dan hingga saat ini total sudah ditemukan 10 jenazah," katanya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Sebelumnya, Kumar mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Angkatan Udara India sedang melakukan pengintaian udara di gunung tersebut karena "tidak mudah untuk mencapai tempat" di mana kecelakaan itu terjadi.

"Sangat sedih dengan hilangnya nyawa yang berharga karena tanah longsor yang melanda ekspedisi pendakian gunung yang dilakukan oleh Institut Pendakian Gunung Nehru di Uttarkashi,” cuit Menteri Pertahanan Rajnath Singh di Twitter.

Itu terjadi seminggu setelah tubuh pendaki gunung ski terkenal AS Hilaree Nelson ditemukan di Himalaya Nepal.

Nelson, yang dianggap sebagai salah satu pendaki gunung terhebat di generasinya, dilaporkan jatuh ke jurang yang dalam setelah mencapai puncak Gunung Manaslu.

Pada hari yang sama dia hilang, satu orang tewas dan lebih dari selusin terluka dalam longsoran salju di bawah di puncak yang sama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini