Share

Ketika Puncak Tertinggi Afrika Punya Internet Cepat, Para Pendaki Kegirangan

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 18 2650779 ketika-puncak-tertinggi-afrika-punya-internet-cepat-para-pendaki-kegirangan-m6GqEVH7Wm.jpg Gunung Kilimanjaro mendapatkan internet kecepatan tinggi (Foto: Xinhua)

TANZANIA - Pendaki Gunung Kilimanjaro sekarang dapat mendokumentasikan pendakian mereka secara real-time di Instagram, menyusul langkah baru-baru ini oleh otoritas Tanzania untuk memasang internet berkecepatan tinggi di sekitar lereng gunung.

Gunung Kilimanjaro berada di Tanzania utara dan merupakan puncak tertinggi di Afrika dengan ketinggian lebih dari 19.000 kaki (hampir 5.900 meter).

Kementerian informasi mengatakan layanan broadband didirikan oleh Tanzania Telecommunications Corporation dan diluncurkan pada Selasa (16/8/2022).

"Hari ini Di Atas Gunung Kilimanjaro: Saya mengangkat KOMUNIKASI INTERNET (BROADBAND) berkecepatan tinggi di ATAP AFRIKA. Wisatawan sekarang dapat berkomunikasi di seluruh dunia dari puncak Gunung Kilimanjaro. KITA AKAN KE PUNCAK UHURU 5880 Meter Di Atas Permukaan Laut!" tweeted Nape Moses Nnauye, Menteri informasi, komunikasi dan teknologi informasi Tanzania., dikutip CNN.

Baca juga: Pendaki Gunung di Sumut Diminta Waspada Hadapi Cuaca Buruk dan Hujan Lebat

Nnauye mengatakan tidak aman bagi wisatawan untuk menavigasi gunung tanpa koneksi internet.

Teknologi sekarang memainkan peran besar dalam pendakian gunung. Di luar sensasi mengunggah pendakian di media sosial secara real-time, para ahli telah menemukan konektivitas internet berguna dalam meningkatkan kesadaran pendaki dan membantu memandu pendakian mereka.

Baca juga: Rekor! Pertama dalam Sejarah, Wanita Ini Mendaki Gunung Everest hingga ke-10 Kali

"Sebelumnya, agak berbahaya bagi pengunjung dan porter yang harus beroperasi tanpa internet"di Gunung Kilimanjaro,” terangnya pada peluncuran Selasa (16/8/2022).

Dikutip AFP, dia menambahkan bahwa layanan internet akan diperluas ke puncak gunung pada akhir tahun.

Taman Nasional Kilimanjaro, yang menampung puncak besar, adalah situs Warisan Dunia UNESCO yang dilindungi dan memberikan bagian dari pendapatan pariwisata Tanzania.

Menurut layanan pemandu popular ribuan petualang mendaki Kilimanjaro setiap tahun dengan banyak yang berusaha mencapai puncak.

Penyebaran layanan internet di Gunung Kilimanjaro disambut baik oleh Duta Besar China untuk Tanzania Chen Mingjian.

China bersama-sama mendanai upaya pemerintah Tanzania untuk menyediakan akses yang lebih luas ke infrastruktur TIK.

Adapun pendaki di Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, sudah memiliki layanan wi-fi di base camp.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini