Share

Tragedi Kanjuruhan Memilukan, Bobotoh dan Aremania Gagas Deklarasi Damai Antar-Suporter

Arif Budianto, Koran Sindo · Kamis 06 Oktober 2022 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 525 2681610 tragedi-kanjuruhan-memilukan-bobotoh-dan-aremania-gagas-deklarasi-damai-antar-suporter-uwTJ5sNPJO.jpg Tragedi Kanjuruhan/Foto: Antara

BANDUNG - Imbas insiden Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, bobotoh Persib dari Viking Persib Club (VPC) menggagas adanya perdamaian antar suporter di Indonesia. VPC dalam waktu dekat akan berangkat ke Malang untuk menyuarakan perdamaian dan empati atas tragedi Kanjuruhan.

Ketua Viking Persib Club Heru Joko mengatakan, atas insiden yang terjadi di Kanjuruhan, dia menilai semua pihak harus berbenah. Mulai dari pihak panitia pelaksana, keamanan, suporter, sampai PSSI juga harus berbenah.

 BACA JUGA:Permukiman Nelayan Jayapura Terbakar, Api Bersumber dari Rumah Pedagang Bensin

"Kejadian ini membuat kita mulai menggemakan wacana perdamaian antarsuporter. Permintaan perdamaian ini dari grass root," ucap dia, Kamis (6/10/2022).

Para suporter yang memiliki tensi rivalitas tinggi sudah saling bertemu satu sama lain. Dia mengatakan, deklarasi perdamaian akan dibuat dengan sangat baik. "Insyaallah besok saya dan beberapa bobotoh juga akan ke Malang. Kita akan menanggapi hal ini dengan serius," ungkapnya.

 BACA JUGA:Wapres Maruf Amin: Isu Perubahan Iklim Jadi Perhatian Global, Dirasakan Setiap Negara

Setelah coba didiskusikan, masyarakat pun sudah banyak yang sadar dengan keadaan. Baginya, damai memang harus dari dalam hati, bukan ceremonial belaka. "Tentunya yang pasti kami sangat menyambut baik ajakan damai dari semua pihak," ujarnya.

Heru juga menyampaikan suka mendalam atas tewasnya lebih dari 130 orang atas insiden di Kanjuruhan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kami kehilangan banyak saudara, sangat menyesakkan. Kemarin sebelum Arema lawan Persebaya, kami duduk di sana bertemu sahabat lama. Sudah mulai terurai hubungan Bandung dengan Malang," ujar Heru.

Menurutnya, para suporter harus bisa menahan diri ketika timnya kalah. Cinta boleh, tapi jangan terlalu berlebihan. Sebab, akan banyak dampak dari cinta buta atau fanatisme berlebih.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini