Share

Ulang Tahun ke-70, Putin Dapat Hadiah Traktor hingga Buah Semangka dan Melon

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 08 Oktober 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 18 2683185 ulang-tahun-ke-70-putin-dapat-hadiah-traktor-hingga-buah-semangka-dan-melon-DIjbjHWQ79.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin menerima hadiah ulang tahun traktor, semangka, dan melon (Foto: Kantor Presiden Republik Belarusia)

RUSIA – Presiden Rusia Vladimir Putin berulang tahun ke-70 pada Jumat (7/10/2022) kemarin. Putin pun mendapatkan banyak ucapan dan juga hadiah dari banyak pemimpin negara yang menjadi sekutunya.

Salah satu hadiah yang diterima Putin adalah traktor yang diberikan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Lukashenko mengkonfirmasi berita tersebut saat ia mengunjungi kota asal rekan kuatnya, St Petersburg, untuk melakukan pembicaraan.

Baca juga:  Ketika Putin Ulang Tahun ke-70, Dipuja Rusia dan Didoakan Cepat Meninggal di Ukraina

Putin diketahui menjamu para pemimpin negara-negara bekas Soviet lainnya saat perang yang dipicu oleh invasinya berkecamuk.

Baca juga: Putin Ulang Tahun ke-70 Esok, Ini 7 Momen Penting dalam Hidupnya

Dihadapkan dengan serangan balik Ukraina yang sukses, dia mengisyaratkan masalah minggu ini, menggambarkan situasi di wilayah yang baru-baru ini dia aneksasi sebagai "bergolak".

Tetapi pada Jumat (7/10/2022), sekutunya memberikan pujian dan hadiah kepada orang yang telah memimpin Rusia, baik sebagai Presiden atau Perdana Menteri (PM), selama lebih dari dua dekade.

Lukashenko, "diktator terakhir" gadungan Eropa yang telah berkuasa bahkan lebih lama dari pemimpin Rusia (sejak 1994) dan yang pemerintahannya juga di bawah sanksi Barat, datang ke St Petersburg dengan sertifikat hadiah untuk traktor buatan Belarusia.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Traktor Minsk adalah unggulan industri Belarusia.

Tidak segera jelas bagaimana Putin menanggapi hadiah kendaraan beroda besar itu. Hadiah ini juga bersaing dengan hadiah melon dan semangka dari Presiden Tajikistan, Emomali Rahmon.

Seperti diketahui, Putin sering terlihat di traktor selama beberapa tahun belekangan. Bersamaan dengan hadiah itu, muncul pujian untuk Putin. Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill mengatakan Putin mampu mengubah citra Rusia, memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanannya, dan melindungi kepentingan nasionalnya.

Ramzan Kadyrov, pemimpin Chechnya yang didukung Moskow, mengatakan Putin adalah patriot nomor satu di dunia.

Lebih jauh, tetapi berurusan dengan isolasi internasional yang serupa, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un juga memberi selamat kepada Putin. Dia menilai Putin berani menghancurkan tantangan dan ancaman Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, musuh-musuh Putin menggunakan kesempatan ulang tahunnya lagi untuk menggambarkannya sebagai penjahat perang yang mencoba menghancurkan negara lain sambil menghancurkan negaranya sendiri.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov meminta militer Rusia untuk menolaknya dan menolak berperang, dengan mengatakan bahwa Putin "bersembunyi di bunker daripada berdiri" bersama tentaranya.

Beberapa pengguna media sosial mencatat ironi pemberian Lukashenko kepada Putin. Yakni traktor sederhana menjadi simbol awal perlawanan Ukraina terhadap invasi Rusia setelah petani terlihat menarik kendaraan militer yang ditinggalkan.

Di ibukota Ceko, Praha, para demonstran mengejek Putin dengan boneka raksasa yang menggambarkannya sebagai kaisar telanjang yang duduk di toilet emas.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini