Share

Afsel Tak Akan Sita Kapal Pesiar Mewah Seharga Rp8 Triliun Milik Oligarki Rusia yang Merapat

Susi Susanti, Okezone · Kamis 27 Oktober 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 26 18 2695007 afsel-tak-akan-sita-kapal-pesiar-mewah-seharga-rp8-triliun-milik-oligarki-rusia-yang-merapat-NLsltPiaeP.jpg Kapal pesiar mewah milik oligarki Rusia merapa ke Capet Town, Afsel (Foto: AP)

CAPE TOWNKapal pesiar super mewah atau superyacht milik oligarki Rusia Alexei Mordashov sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin, diketahui meninggalkan Hong Kong awal pekan ini. Kapal pesiar ini dilaporkan akan ‘merapat’ di Cape Town, Afrika Selatan (Afsel).

Afsel pun bersikap tidak akan menyita kapal pesiar mewah seharga USD521 juta (Rp8 triliun) itu. Meski para pemimpin oposisi Afrika Selatan telah mendesak pemerintah untuk menyita kapal pesiar sepanjang 465 kaki (141 meter) yang disebut The Nord, namun keputusan pemerintah sepertinya tidak akan berubah.

Juru bicara Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan dia melihat "tidak ada alasan" untuk mematuhi sanksi Barat.

Baca juga: Lagi Asyik Snorkeling, Penumpang Kapal Pesiar Mewah Tewas Diserang Hiu

"Afrika Selatan tidak memiliki kewajiban hukum untuk mematuhi sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE)," kata Vincent Magwenya kepada wartawan di Pretoria, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: Italia Perintahkan Sita Kapal Pesiar Rp10 Triliun yang Terkait dengan Putin

"Kewajiban Afrika Selatan sehubungan dengan sanksi hanya berhubungan dengan yang secara khusus diadopsi oleh PBB," lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mencatat bahwa Mordashov tidak berada di bawah sanksi yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Seperti diketahui, negara-negara Barat dan sekutunya telah menjatuhkan sanksi pada lebih dari 1.000 individu dan bisnis Rusia sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

 Baca Selengkapnya: Superyacht Seharga Rp8 Triliun Merapat, Afsel Tolak Sita Kapal Pesiar Mewah Oligarki Rusia yang Terkena Sanksi Barat

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini