Share

Pentagon Sebut Rusia 'Ancaman Akut' Bagi AS, China Jadi Tantangan Utama

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 28 Oktober 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 18 2696480 pentagon-sebut-rusia-ancaman-akut-bagi-as-china-jadi-tantangan-utama-bfbb25c5j8.jpg Menhan AS Lloyd Austin sebut Rusia sebagai ancaman akut dan China tantangan utama bagi AS (Foto: AFP)

WASHINGTON Pentagon menyatakan invasi Rusia ke Ukraina menyoroti "ancaman akut" yang ditimbulkan oleh Moskow, tetapi China adalah tantangan paling konsekuensial bagi Amerika Serikat (AS).

Kedua negara itu memiliki bahaya konvensional. Agresi Moskow terhadap tetangganya dan upaya Beijing untuk menguasai Taiwan. Lalu terkait nuklir, Rusia dinilai memiliki persenjataan yang luas, sedangkan stok senjata atom China berkembang pesat.

Baca juga: Pentagon: AS Akan Pindahkan 'Langit dan Bumi' untuk Ukraina, Sediakan Apapun yang Dibutuhkan Demi Lawan Rusia

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyoroti tantangan berbeda yang ditimbulkan oleh China dan Rusia saat ia meluncurkan versi beberapa dokumen strategi militer yang tidak dirahasiakan.

Baca juga: Pentagon: 80% Pasukan Rusia Dikumpulkan di Perbatasan Ukraina, Posisi Siap Serang dengan Jarak 5 - 50 Km

“China adalah satu-satunya pesaing di luar sana dengan niat untuk membentuk kembali tatanan internasional, dan semakin kuat untuk melakukannya,” terangnya, dikutip AFP.

“Tidak seperti China, Rusia tidak dapat secara sistematis menantang Amerika Serikat dalam jangka panjang. Tetapi agresi Rusia memang menimbulkan ancaman langsung dan tajam,” lanjutnya.

Strategi Pertahanan Nasional, yang dirilis pada Kamis (27/10/2022), juga menempatkan penekanan utama pada China.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mengatakan Beijing sedang berusaha untuk memperbarui kawasan Indo-Pasifik dan sistem internasional agar sesuai dengan kepentingan dan preferensi otoriternya. Dia juga menggambarkan dinamika ini sebagai tantangan paling komprehensif dan serius bagi keamanan nasional AS.

Strategi Pertahanan Nasional itu mengatakan retorika China tentang dan "aktivitas pemaksaan" terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri - yang Beijing telah berjanji untuk mengambil kendali, dengan paksa jika perlu - adalah faktor destabilisasi yang berisiko salah perhitungan dan mengancam perdamaian di daerah tersebut.

Adapun Rusia, dinilai sebagai "ancaman akut" karena terkait dengan invasi Moskow ke Ukraina pada Februari lalu.

The Missile Defense Review yang juga dirilis pada Kamis (27/10/2022) juga menunjukkan meningkatnya ancaman dari China dan Rusia.

Beijing menutup kesenjangan dengan Washington dalam hal teknologi rudal balistik dan hipersonik, sementara Moskow memodernisasi sistem rudal jarak antarbenua dan mengembangkan rudal serangan presisi canggih.

Dokumen tersebut mengatakan pesawat tak berawak - yang telah digunakan Rusia untuk menyerang kota-kota Ukraina dan infrastruktur energi - juga merupakan ancaman yang kemungkinan akan berkembang.

Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan pandangan yang sangat berbeda tentang lingkungan strategis internasional pada Kamis (27/10/2022), dengan mengatakan Moskow sedang mencoba untuk "mempertahankan haknya untuk eksis" dalam menghadapi upaya Barat untuk "menghancurkan" negaranya.

"Di depan mungkin adalah dekade paling berbahaya, tidak terduga dan sekaligus penting sejak akhir Perang Dunia Kedua," katanya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini