Share

Sebagian Bangunan Terbawa Longsor, Rumah Semi Permanen di Garut Dibongkar

Fani Ferdiansyah, Koran Sindo · Jum'at 11 November 2022 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 525 2705202 sebagian-bangunan-terbawa-longsor-rumah-semi-permanen-di-garut-dibongkar-KwzlIcL6J8.jpg Tanah longsor di Garut (Foto: MPI)

GARUT - Satu rumah semi permanen di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, dibongkar Kamis 10 November 2022. Rumah yang berlokasi di Kampung Ciparay, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, tersebut terpaksa dibongkar karena setengah dari bagian bangunan terbawa longsor sedalam 8 meter.

Bhabinkamtibmas Polsek Banjarwangi Brigadir Hasan mengatakan, longsor di Kampung Ciparay terjadi pada Rabu 9 November 2022, malam, sehari sebelum rumah ini dibongkar.

"Hari ini kami dari Polsek Banjarwangi bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) Talagajaya dan warga bergotong-royong membongkar dan mengevakuasi sisa bangunan rumah milik warga bernama Uban yang mengalami musibah terbawa longsor," kata Brigadir Hasan.

Uban dan keluarganya, terpaksa diungsikan ke rumah kerabat karena telah kehilangan tempat tinggal. Menurut dia, peristiwa longsor di wilayah itu terjadi karena curah hujan yang tinggi.

Aparat kepolisian, lanjutnya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap adanya kemungkinan longsor susulan jika intensitas hujan tinggi kembali terjadi.

"Masyarakat yang rumahnya di lereng-lereng rawan longsor, ketika hujan turun diminta untuk waspada dan mengungsi dulu ke tempat yang lebih aman, apabila turun hujan dengan intensitas cukup tinggi segera mengamankan diri," ujarnya.

Kepala Desa Talagajaya, Deni, membenarkan jika longsor yang terjadi pada Rabu malam merupakan akibat curah hujan yang sangat tinggi. Longsor di wilayahnya itu telah merusak satu rumah milik warga yang berada di atas tebing.

"Sebagian dari rumah itu rusak karena terbawa longsor. Pemerintah Desa Talagajaya sudah menindaklanjuti bersama Bhabinkantibmas dan Pemerintah Kecamatan Banjarwangi dengan mengecek langsung ke lapangan," kata Deni.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain merusak rumah warga, tingginya curah hujan di sepanjang hari yang sama juga mengakibatkan beberapa titik lokasi lain di Desa Talagajaya terdampak. Ia menyebut longsor juga terjadi wilayah Kampung Cisayanti.

"Di Kampung Cisayanti juga ada longsor namun tak ada infrastruktur rumah yang rusak. Selain itu ada juga tiang listrik yang tumbang sehingga aliran listrik sempat terganggu. Ahamdulillah tidak ada korban jiwa dari semua kejadian bencana yang terjadi pada Rabu kemarin," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini