Share

Kota Padang Dikepung Banjir, Longsor hingga Puting Beliung

Rus Akbar, Okezone · Rabu 16 November 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 340 2708805 kota-padang-dikepung-banjir-longsor-hingga-puting-beliung-j8J3wryqsr.JPG

PADANG - Hujan lebat yang disertai angin kencang di Kota Padang, Sumatera Barat sejak tadi pagi membuat beberapa tempat di Kota Padang dilanda banjir, angin puting beliung dan longsor.

Berdasarkan informasi dari Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Basril sejak siang tadi ada dua rumah kena angin puting beliung, yaitu satu rumah di Jalan Palembang 57 Gaung Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung dan rumah di jalan Parak Jambu RT 02 RW 09 Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah Mengenai. “Kedua rumah itu bagian atapnya terbang ditiup angin puting beliung,” katanya, Rabu (16/11/2022).

Kemudian kata Basril ada dua titik longsor yang terjadi di jalan menuju sungai pisang, tepatnya dekat leter S tugu, RT 03/RW 03 Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

“Menutup sebagian jalan, kemudian longsor RT 01 RW 01 Teluk Bayur Kelurahan Gates XX longsor tebing dan mengancam satu buah Rumah,” ujarnya.

Kemudian banjir banjir di Jondul Rawang Padang Selatan dengan genangan air lebih kurang 40 centimeter.

Sementara itu puluhan anggota Satpol PP Padang Bidang Satlinmas dikerahkan oleh PLh Satpol PP Padang Andree Algamar, ke kawasan Kelurahan Gates nan XX , Kecamatan Lubuk Begalung untuk membantu warga dalam melakukan evakuasi puing reruntuhan akibat angin kencang.

“Personil harus tanggap serta antisipatif dan juga proaktif terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat, terutama yang tertimpa bencana angin puting beliung seperti saat ini,” ujar Andree Algamar.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain turun ke lokasi kejadian rumah warga yang diterpa angin puting beliung, Satpol PP Bidang Linmas juga ikut membantu dalam mengevakuasi pohon tumbang yang menghambat akses Padang-Painan bersama BPBD, TNI, Polri dan masyarakat sekitar.

Tidak hanya kawasan tersebut, di sejumlah titik lainnya seperti kawasan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, anggota Perlindungan Masyarakat Pol PP Padang, juga turut serta mengevakuasi barang-barangnya dan membantu warga untuk membersihkan puing-puing bangunan, yang ambruk akibat diterpa angin kencang yang melanda.

"Cuaca tidak menentu sehingga mengakibatkan terjadinya bencana alam, oleh karena diharapkan kepada setiap warga masyarakat selalu waspada dan hati hati," himbau Andre Algamar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini