Share

Bongkar Sindikat Uang Palsu dengan 'Keaslian 90 Persen', Polisi: Bisa Lolos Lewat Transfer Tunai

Fani Ferdiansyah, Koran Sindo · Selasa 22 November 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 525 2711796 bongkar-sindikat-uang-palsu-dengan-keaslian-90-persen-polisi-bisa-lolos-lewat-transfer-tunai-SqZieFaLgt.jpg Polisi membongkar sindikat peredaran uang palsu di Garut. (Foto: MPI)

GARUT – Pihak kepolisian berhasil menghentikan peredaran uang palsu senilai Rp2,3 miliar di Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Polisi mengamankan seorang pelatih badminton berinisial A alias D, (47), yang mengaku membeli uang palsu itu dari tersangka lain berinisial DF, (52).

"Tersangka A alias D ini membeli uang palsu dari tersangka lain berinisial DF (52), tiga ikat atau bundel uang palsu harganya Rp1,5 juta," kata Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Mapolres Garut, Minggu (20/11/2022).

Menurut Wirdhanto, pihaknya telah menyita 23 bundel, masing-masing berjumlah Rp100 juta, uang palsu pecahan Rp100 ribu dalam penggeledahan terhadap tersangka A alias D. Total uang palsu yang disita sebesar Rp2,3 miliar, yang akan diedarkan tersangka melalui modus penggandaan uang.

Wirdhanto mengatakan bahwa uang palsu yang diproduksi tersangka DF ini memiliki akurasi 90 persen kemiripan dengan uang asli. Bahkan, uang palsu ini hanya bisa dideteksi dengan alat ultraviolet dan bisa lolos jika masuk ke rekening bank melalui sistem transfer tunai.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Terungkapnya pemalsuan uang ini berawal dari laporan masyarakat terkait aktivitas mencurigakan di Kampung Calincing, Desa Sindanglaya, Kecamatan Karangpawitan. Polisi juga berhasil membekuk tersangka DF, yang berprofesi sebagai tukang sablon dan menyita sejumlah perlatan untuk mencetak uang palsu.

Kedua tersangka terancam hukuman penjara paling lama seumur hidup dan pidana denda paling banyak Rp100 miliar.

Baca Berita Selengkapnya: Polisi Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp2,3 Miliar, Akurasi 'Keasliannya' 90 Persen!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini