Share

Ridwan Kamil Terjunkan 5 Tim JQR Atasi Dampak Gempa Dahsyat Cianjur

Agung Bakti Sarasa, MNC Portal · Senin 21 November 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 525 2711881 ridwan-kamil-terjunkan-5-tim-jqr-atasi-dampak-gempa-dahsyat-cianjur-1RQpWA25ca.jpg Gempa Cianjur/Foto: Tangkapan layar

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merespons cepat peristiwa gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur dengan menerjunkan Tim Jabar Quick Respons (JQR).

Atas perintah langsung Ridwan Kamil, lima tim pun langsung bergerak menuju Kabupaten Cianjur sesaat setelah gempa mengguncang. Mereka akan bertugas melaksanakan proses pencarian dan evakuasi korban serta distribusi bantuan logistik di lokasi bencana.

 BACA JUGA:Gempa M5,6 Cianjur, BNPB: Kerusakan Masif, Diperkirakan Jumlah Pengungsi Cukup Banyak

Manager Operasional JQR, Nizar Ilyasa mengatakan, Tim JQR mendapat perintah langsung dari Ridwan Kamil untuk merespons keadaan darurat akibat gempa di Kabupaten Cianjur.

Terdapat tiga lokasi terdampak gempa yang akan direspons JQR, yakni Kecamatan Cugenang, Warung Kondang, dan Pacet Cipanas. Berdasarkan rapid assessment, kata Nizar, ketiga wilayah tersebut terdampak paling parah dan menimbulkan korban.

 BACA JUGA:Jumlah Korban Gempa Capai Ratusan, Cianjur Butuh Banyak Bantuan Tenaga Medis

"Pada pukul 14.00, lima tim telah berangkat ke Kabupaten Cianjur. Saat ini kami masih mengumpulkan data dari lapangan dengan metoda rapid assesment," ujar Nizar.

Selain Kabupaten Cianjur, lanjut Nizar, dampak gempa juga terjadi Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan data yang telah masuk, dampak gempa terjadi di Kecamatan Nagrak dan Palagan Kabupaten Sukabumi.

"Untuk Kabupaten Sukabumi tengah kita verivikasi lanjut kebenarannya," ucapnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Di GOR Saparua Kota Bandung yang juga Sekretariat JQR, lanjut Nizar, Tim JQR tengah memobilisasi relawan-relawan yang akan turut serta membantu penanganan bencana.

"Dampak gempa sangat besar, membutuhkan banyak relawan yang memiliki skill pertolongan yang di Bandung bisa berkumpul di GOR Saaparua," katanya.

Diketahui, gempa dahsyat mengguncang Kabupaten Cianjur, Senin (22/11/2022) pukul 13.21 WIB. Gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu berpusat di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini