Share

Pasukan Rusia Dapat Suplai Jet Tempur Sukhoi Termutakhir

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 November 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712711 pasukan-rusia-dapat-suplai-jet-tempur-sukhoi-termutakhir-HKkio4EMV5.jpg Jet tempur Su-30SM2. (Foto: Kantor pers UAC)

MOSKOW - United Aircraft Corporation memproduksi dan mengirimkan sejumlah jet tempur Sukhoi Su-30SM2 baru dan pelatih tempur Yak-130 ke Kementerian Pertahanan, kata pemerintah Rusia dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin, (21/11/2022).

BACA JUGA: Amankan KTT G20, TNI AU Kerahkan F-16 hingga Sukhoi

“Pabrik Penerbangan Irkutsk dari United Aircraft Corporation (UAC, bagian dari perusahaan negara Rostec) telah memproduksi dan mengirimkan pesawat tempur Su-30SM2 baru dan pesawat latih tempur Yak-130 ke Kementerian Pertahanan Rusia,” bunyi pernyataan itu, sebagaimana dilansir TASS.

Kabinet mencatat bahwa Su-30SM2 adalah upgrade dari pesawat yang digunakan Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Laut Rusia.

“Pesawat baru telah menerima peralatan radio-elektronik onboard yang canggih. Peningkatan yang dilakukan atas penugasan dari Kementerian Pertahanan Rusia telah meningkatkan kemampuan tempur pesawat. Secara khusus, jangkauan deteksi dan identifikasi target udara telah ditingkatkan,” terang pemerintah dalam pernyataan tersebut, menambahkan bahwa pesawat tempur baru mampu melakukan serangan terhadap sasaran udara, darat dan laut dengan senjata pintar baru dari jarak beberapa ratus kilometer.

BACA JUGA: Jet Tempur Rusia Jatuh Hantam Rumah di Siberia, 2 Pilot Tewas

Pesawat latih tempur dua kursi Yak-130 digunakan untuk pelatihan pilot dasar dan lanjutan untuk belajar mengoperasikan pesawat tempur modern dan canggih, termasuk pesawat tempur generasi 4++ dan generasi kelima.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini