Share

Dianggap Rasis dan Seksis, Museum di Inggris Hentikan Pameran Utama yang Telah Berjalan Selama 15 Tahun

Susi Susanti, Okezone · Senin 28 November 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 18 2715963 dianggap-rasis-dan-seksis-museum-di-inggris-hentikan-pameran-utama-yang-telah-berjalan-selama-15-tahun-o7fTaMtVyD.jpg Museum di Inggris tutup pameran utama yang telah berjalan selama 15 tahun (Foto: Wellcome Collection)

LONDON - Sebuah museum di London menutup salah satu pameran utamanya menyusul kekhawatiran atas "rasis, seksis, diskrimani penyandang disabilitas dan bahasa yang tidak layak.

The Wellcome Collection mengatakan pameran Medicine Man berakhir setelah berjalan selama 15 tahun.

Pendiri Henry Wellcome, yang meninggal pada 1936, mengumpulkan lebih dari satu juta objek untuk memberikan wawasan tentang kesehatan dan pengobatan global.

Baca juga: Riset: 51% Penyandang Disabilitas Anggap Liburan Kegiatan yang Bikin Stres

Dikutip BBC, museum telah menandai penutupan sebagai "titik balik yang signifikan".

Objek kontroversial ini termasuk lukisan pada 1916 berjudul "A Medical Missionary Attending to a Sick African" yang menggambarkan orang Afrika berlutut di depan seorang misionaris kulit putih.

Baca juga: Museum NTB Gelar Pameran Temporer Sambut WSBK 2022, Buruan Datang!

"Kita tidak bisa mengubah masa lalu kita. Tapi kita bisa bekerja menuju masa depan di mana kita menyuarakan narasi dan pengalaman hidup dari mereka yang telah dibungkam, dihapus dan diabaikan,” terang museum dalam sebuah pernyataan di Twitter.

"Kami mencoba melakukan ini dengan beberapa karya dalam Medicine Man menggunakan intervensi artis. Namun tampilan tersebut masih mengabadikan versi sejarah medis yang didasarkan pada teori dan bahasa rasis, seksis, dan mampu,” lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Pernyataan menambahkan bahwa memamerkan koleksi lukisan, buku, dan model anatomi menceritakan kisah kolonial tentang seorang pria dengan kekayaan, kekuasaan, dan hak istimewa yang luar biasa.

"Hasilnya adalah koleksi yang menceritakan kisah kesehatan dan obat-obatan global di mana orang cacat, orang kulit hitam, masyarakat adat dan orang kulit berwarna dieksotisasi, dipinggirkan dan dieksploitasi - atau bahkan dilewatkan sama sekali,” tambahnya.

Situs web The Wellcome Collection mengatakan sebuah pameran baru yang menampilkan kisah kesehatan orang-orang yang sebelumnya terpinggirkan atau bahkan terhapus dari museum akan diresmikan di tahun-tahun mendatang.

Menurut Guardian, museum tersebut mendatangkan direktur baru bernama Melanie Keen pada 2019.

Dia mengatakan saat itu dirinya ingin membahas milik siapa sebenarnya benda-benda di museum itu dan bagaimana benda-benda itu diperoleh.

"Rasanya seperti tempat yang mustahil untuk mengkhawatirkan materi yang kami pegang ini tanpa menginterogasi apa itu, narasi apa yang harus dipahami dengan cara yang lebih mendalam, dan bagaimana materi itu ada dalam koleksi kami,” ujarnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini