Share

Gempa M5,0 Guncang Sarmi Papua, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 340 2718141 gempa-m5-0-guncang-sarmi-papua-bmkg-tidak-berpotensi-tsunami-c4dgC2qenN.jpg Ilustrasi/ Doc: Freepik

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah Pantai Timur, Sarmi, Papua diguncang gempa tektonik dengan magnitudo (M)5,0 pukul 20.30.11 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,46° LS ; 139,32° BT, atau tepatnya berlokasi di darat 13 km TimurLaut Sarmi, Papua pada kedalaman 28 km.

 BACA JUGA:Gerebek Sarang Narkoba di Kampung Bahari, Polisi Malah Diserang Warga

Sementara itu, Daryono mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust),” paparnya.

 BACA JUGA:Bharada E Akui Tak Kantongi Persyaratan Lengkap Terkait Senpi

Berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Bonggo Timur dengan skala intensitas III - IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ) dan daerah Bonggo, Pantai Timur dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Daryono memastikan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

Selain itu, dilaporkan hingga pukul 20.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) sebanyak 1 (satu) dengan magnitudo M4,2.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Meski begitu, Daryono mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbaunya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini