Share

Jelang Pernikahan, Kaesang dan Erina Gudono Ziarah ke Makam Pura Mangkunegaran

Hariyanto Kurniawan, Okezone · Rabu 30 November 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 510 2717703 jelang-pernikahan-kaesang-dan-erina-gudono-ziarah-ke-makam-pura-mangkunegaran-VGMK5NjBMt.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menjelang pernikahan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berziarah ke makam Pura Mangkunegaran.

Usai berziarah ke makam Mangkunegara I, II, III di Astana Mangadeg Serat Mengkunegoro 4, 5, 7, 8, 9 di Astana Girilayu, Kaesang dan Erina kemudian melanjutlan berziarah ke makam Mangkunegoro 6 di Astana Oetara, Dukuh Nayu, Kelurahan Nususkan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Kaesang yang mengenakan pakaian beskap hitam bersama Erina Gudono yang mengenakan pakaian kebaya warna hitam, tampak didampingi salah satu kerabat Pura Mangkunegaran, KRMH Lilik Priarso.

Keduanya singgah sejenak di Pendopo Handaya Ningrat dan menuju makam Mangkineoro 6, namun awak media hanya diperkenankan menunggu di pintu masuk makam.

Baca juga: Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Warga Diimbau Tidak Menerima Tamu

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak dari jauh keduanya mendoakan Mangkunegoro. Lalu setelah sekitar setengah jam mereka kemudian keluar dan singgah ke Pendopo Handaya Ningrat untuk bersilaturahmi dengan juru kunci makam.

Baca juga: Sejarah Kompleks Pesanggrahan Ambarrukmo Lokasi Pernikahan Kaesang, Tempat Peristirahatan Sri Sultan HB VII

Kaesang yang keluar bersama calonnya istrinya, Erina Gudono tidak mengeluarkan pernyataan apapun terkait ziarahnya ini dan langsung masuk ke mobil dan pergi.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu juru kunci Astana Oetara, Hariyanto mengungkapkan bahwa sebelumnya belum ada adat ziarah sebelum menikah namun sejumlah tokoh sempat berziarah ke lokasi. Salah satunya Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebelum dinobatkan sebagai Mangkunegara X.

Sebelumnya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka juga pernah ke sini sebelum menjadi Wali kota Solo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini