Share

Pesta Ngunduh Mantu Jokowi, Keluarga Request Lagu Ojo Dibandingke

Romensy August, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 512 2719864 pesta-ngunduh-mantu-jokowi-keluarga-request-lagu-ojo-dibandingke-87iV0e39GB.jpg Kaesang dan Erina/Tangkapan layar media sosial

SOLO-Kelompok Gamelan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan mengiringi pesta pernikahan ngunduh mantu pernikahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebanyak dua kelompok Gamelan telah disiapkan untuk pentas di Lodji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

"Persiapan kami sudah 90 persen untuk mentas di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina," ujar Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono, Sabtu (3/12/2022)..

 (Baca juga: Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Ada Tradisi Siraman hingga Nyantri)

Pihaknya juga telah melakukan persiapan dalam sebulan terakhir. Kelompoknya hanya perlu sekali latihan agar siap tampil.

"Permintaan gendhing dari keluarga untuk gending yang dimainkan saat di Pura Mangkunegaran itu seperti lagu Ojo Dibandingke," katanya.

Selain itu ada pula Gendhing Kinanti, Maskumambang dan Ibu Pertiwi untuk mengiringi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat turun dari kereta kencana di Pura Mangkunegaran.

"Kami tetap mengacu pada tradisi, cuma ada syair yang diganti. Jadi, tidak menghilangkan tradisinya. Itu memang permintaan dari keluarga," ujarnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menambahkan, ada sekitar 44 personel yang akan tampil. Perinciannya, 24 orang di Pura Mangkunegaran dan 20 orang di Loji Gandrung. Mereka terdiri dari dosen, mahasiswa, dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP).

"Tembang di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran itu berbeda. Kalau yang di Mangkunegaran memang khusus untuk senang-senang atau santai bukan acara inti," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini