Share

3 Fakta Jepang Sempat Waspadai Tsunami Imbas Erupsi Semeru, Akhirnya Umumkan Tidak Ada Ancaman

Tim Okezone, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 18 2721091 3-fakta-jepang-sempat-waspadai-tsunami-imbas-erupsi-semeru-akhirnya-umumkan-tidak-ada-ancaman-lQ3RyQeaQ0.jpg Gunung Semeru erupsi. (MNC Portal)

TOKYO - Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari. Jepang sempat memantau erupsi gunung tersebut.

Bahkan, pemerintah Jepang sempat mewaspadai potensi terjadinya tsunami. Berikut fakta-fakta mengenai Jepang waspadai tsunami imbas erupsi Gunung Semeru, sebagaimana dirangkum pada Selasa (6/12/2022) :

1. Potensi Tsunami

Badan Meteorologi Jepang memantau kemungkinan tsunami setelah Gunung Semeru di Jawa Timur, Indonesia erupsi pada Minggu, (4/12/2022) lapor lembaga penyiaran publik NHK.

Tsunami dari letusan tersebut, yang terjadi sekira pukul 11:18 waktu Jepang , dapat mencapai Prefektur Okinawa paling cepat sekira pukul 14.30 waktu setempat. Demikian dilaporkan NHK mengutip pernyataan badan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA:BNPB: Letusan Semeru Sebabkan Tsunami di Jepang Dipastikan Tidak Tepat 

2. Tak Ada Ancaman Tsunami

Namun, Badan Meteorologi Jepang kemudian menegaskan tidak ada ancaman tsunami di Jepang dari Gunung Semeru yang meletus pada Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

3. Tak Ada Tsunami

Koordinator Kelompok Gunung Api PVMBG Oktory Prambada menegaskan, informasi mengenai dampak erupsi Gunung Semeru dapat menyebabkan tsunami itu tidaklah benar. Ia meminta warga untuk tidak termakan informasi liar selain dari sumber resmi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Tidak ada tsunami ya. Erupsi Semeru ini kejadiannya di darat dan hanya mendampak 13 km ke arah tenggara semeru, tidak sampai laut," kata kepada MNC Portal, Senin (5/12/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini