Share

Gedung Putih Tak Kaget Kunjungan Presiden China ke Arab Saudi dan Seluruh Dunia

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 18 2723817 gedung-putih-tak-kaget-kunjungan-presiden-china-ke-arab-saudi-dan-seluruh-dunia-pipzG07756.jpg Presiden China Xi Jinping dan Pangeran Arab Saudi (Foto: Saudi Press Agency/ Reuters)

RIYADHGedung Putih mengatakan kunjungan Presiden China Xi Jinping ke seluruh dunia dan ke Timur Tengah (Timteng) bukanlah sebuah kejutan.

“Kami memperhatikan pengaruh yang China coba tumbuhkan di seluruh dunia,” kata John Kirby, koordinator komunikasi strategis di Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyambut Presiden China Xi Jinping dengan sambutan mewah dan hangat di ibu kota Riyadh pada Kamis (8/12/2022), saat kedua negara menuju sejumlah pertemuan puncak yang menandai "tonggak bersejarah" dalam hubungan China dengan dunia Arab.

Baca juga:  Pangeran Arab Sambut Meriah Presiden China, Janjikan Era Baru Hubungan China-Arab

TV negara Saudi menayangkan upacara akbar yang disiapkan untuk pemimpin China, ketika bin Salman, penguasa de facto kerajaan yang dikenal sebagai MBS, menerima Xi di Istana Al-Yamamah. Bendera China dan Arab Saudi bertebaran di tempat itu saat anggota Pengawal Kerajaan Saudi berbaris dengan pedang dan memainkan musik.

Baca juga:  Di Tengah Ketegangan dengan AS, Presiden China Xi Jinping Akan Kunjungi Arab Saudi

Kedua pemimpin itu tersenyum hangat dan terus sibuk berfoto. Hal ini berbeda saat kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi awal tahun ini.

 Kementerian luar negeri China mengatakan pada Rabu (7/12/2022) bahwa KTT Negara-negara China-Arab akan menjadi tonggak penting dalam sejarah hubungan China-Arab, dan bahwa kunjungan kenegaraan Presiden Xi ke Arab Saudi akan meningkatkan strategi komprehensif kemitraan China-Arab Saudi semakin meningkat.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Pada Rabu (7/12/2022), perusahaan Saudi dan China menandatangani 34 kesepakatan investasi yang mencakup beberapa sector.

Termasuk di bidang energi hijau, teknologi informasi, layanan cloud, transportasi, logistik, industri medis, perumahan dan konstruksi.

Tidak ada nilai moneter yang diumumkan untuk kesepakatan tersebut, tetapi SPA sebelumnya melaporkan bahwa kedua negara diperkirakan akan menandatangani kesepakatan senilai lebih dari USD29 miliar selama kunjungan minggu ini.

Kunjungan Xi ke Arab Saudi dilakukan di tengah hubungan yang tegang antara kedua negara dan Washington, yang menyimpan sejumlah keluhan terhadap kedua negara tersebut terkait produksi minyak, hak asasi manusia, dan masalah lainnya.

Sementara persahabatan China dan Arab Saudi telah berkembang selama beberapa dekade, mereka tampaknya menjadi lebih dekat karena keduanya berada dalam posisi genting terkait dengan AS.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini