Share

4 Kelompok Mafia Berbahaya di Dunia, Nomor 3 Korbannya Dibunuh untuk Tumbal Setan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 23 Januari 2023 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 18 2751005 4-kelompok-mafia-berbahaya-di-dunia-nomor-3-korbannya-dibunuh-untuk-tumbal-setan-NF9S7lWeX4.jpg Yakuza/Foto: AFP

JAKARTA - Kelompok mafia banyak tersebar di berbagai negara dan mengontrol bisnis-bisnis gelap. Sebut saja, bisnis perdagangan manusia, narkotika, bahkan hingga menumbalkan korban untuk ritual pemujaan setan.

Apa saja kelompok mafia paling berbahaya di dunia? Berikut informasi lengkapnya.

 (Baca juga: 5 Fakta Bos Mafia Italia Berhasil Dibekuk Polisi, Buron 30 Tahun hingga 100 Angkatan Bersenjata Dikerahkan)

1. Yakuza

Yakuza merupakan gangster dan kelompok mafia yang paling ditakuti di Jepang serta dunia. Kelompok ini bahkan tak segan membunuh orang lain, namun memiliki solidaritas tinggi antar anggotanya. Yakuza disebutkan sudah eksis selama lebih dari 300 tahun. Sejarah kelompok tersebut bisa diketahui sejak tahun 1612.

Awalnya, anggota Yakuza menarik perhatian melalui pakaian, potongan rambut, dan perilakunya yang dianggap aneh. Pada tahun 1700-an, Yakuza mulai berorganisasi dan membentuk keluarga serta saling melindungi. Seiring berjalannya waktu, anggota Yakuza ikut andil dalam panggung politik dan memihak ke pejabat tertentu.

Di sisi lain, Yakuza dikenal kerap melakukan pembunuhan. Salah satunya terjadi tahun 1980, ketika anggota Yakuza membunuh seorang siswi SMA bernama Junko Furita. Jasad korban dimasukkan ke dalam drum dan dibeton.

2. Kartel Sinaloa

Nama kartel Sinaloa belakangan kembali menjadi buah bibir karena salah satu pemimpinnya, Ovidio Guzman, berhasil diringkus pihak berwajib Meksiko. Terjadi penembakan dan pembajakan usai Ovidio ditangkap. Setidaknya ada 29 orang yang menjadi korban serangan pasca penangkapan itu.

Ovidio sudah lama menjalankan bisnis kartel ayahnya, El Chapo, yang kini ditahan di Amerika Serikat (AS). Kartel Sinaloa adalah sindikat perdagangan narkoba terkuat dan terbesar yang berbasis di Culiacan. Sindikat ini sangat ditakuti dan dianggap berbahaya.

Kartel Sinaloa mulai beroperasi pada tahun 1980-an dan terlibat dalam perdagangan narkoba di Kanada dan AS. Setelah berhasil mendistribusikan narkoba ke negara-negara di sekitarnya, kekuatan organisasi kriminal ini tumbuh pesat.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

3. Mara Salvatrucha

Mara Salvatrucha atau MS-13 adalah kelompok penjahat internasional yang berdiri di Los Angeles tahun 1980an. Aktivitas organisasi ini adalah prostitusi, pembunuhan, perdagangan manusia, penyelundupan narkoba, dan kegiatan gelap lainnya. MS-13 dibentuk oleh sekelompok imigran asal El Savador dan menyebar ke seluruh wilayah AS, Amerika Tengah, hingga Kanada.

Satu hal yang sangat menyeramkan dari kelompok ini adalah, mereka tak segan untuk membunuh korbannya demi dijadikan tumbal pemujaan setan. Pada tahun 2017, anggota MS-13 membunuh sekitar 8 orang di AS dalam kurun waktu sebulan. Rata-rata korbannya merupakan remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Mereka menjadi persembahan untuk ritual menyimpang.

4. Kartel Medellin

Nama kartel Medellin mungkin saja tidak familiar bagi sebagian masyarakat. Namun, masyarakat sangat mengenal nama Paul Escobar, seorang penjahat asal Kolombia. Dialah yang menjadi pimpinan kartel Medellin.

Kelompok Medellin sengaja dibentuk untuk mengendalikan produksi serta distribusi obat-obatan terlarang. Sejak tahun 1980-an, kartel ini dikenal sangat kejam dan mendominasi pasar dan perdagangan narkotika internasional. Cakupan wilayah dari kartel ini selain di Kolombia adalah Bolivia, Miami, dan Los Angeles.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini