Share

5 Fakta Bos Mafia Italia Berhasil Dibekuk Polisi, Buron 30 Tahun hingga 100 Angkatan Bersenjata Dikerahkan

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 21 Januari 2023 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 18 2750247 5-fakta-bos-mafia-italia-berhasil-dibekuk-polisi-buron-30-tahun-hingga-100-angkatan-bersenjata-dikerahkan-g0mw7A1ORo.jpg Bos mafia Italia ditangkap usai buron selama 30 tahun (Foto: Sky News)

ITALIA – Polisi Italia berhasil menangkap bos mafia Matteo Messina Denaro yang paling dicari di negara itu yang telah buron selama tiga dekade atau lebih dari 30 tahun.

Pihak berwenang menyerbu sebuah rumah sakit swasta di ibu kota Sisilia, Palermo, ketika Messina Denaro pergi berobat. Jaksa mengatakan Messina Denaro adalah bos mafia Cosa Nostra di Sisilia.

Berikut 5 fakta penangkaoan bos mafia tersebut.

BACA JUGA: Polisi Temukan Bunker Lapis Baja Milik Bos Mafia Italia, Terletak di Belakang Lemari Pakaian

1. Banyak kejahatan yang dilakukan

Messina Denaro dituduh melakukan beberapa pembunuhan. Yakni pembunuhan pada 1992 terhadap jaksa anti-Mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino, serangan bom mematikan pada 1993 di Milan, Florence dan Roma, penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan putra berusia 11 tahun dari seorang mafioso yang menjadi saksi negara. Selain itu, Messina Denaro pernah membual bahwa dia bisa "mengisi pemakaman" dengan para korbannya.

BACA JUGA: Pil Seks, Pakaian Mewah Ditemukan di Tempat Persembunyian Bos Mafia Italia Paling Dicari

Bos Mafia itu juga mengawasi pemerasan, pembuangan limbah ilegal, pencucian uang, dan perdagangan narkoba untuk sindikat kejahatan terorganisir Cosa Nostra yang kuat.

Dia telah dijatuhi hukuman in absentia seumur hidup atas perannya dalam pembunuhan pada 1992 terhadap jaksa anti-mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino.

Messina Denaro juga menghadapi hukuman seumur hidup atas perannya dalam serangan bom di Florence, Roma dan Milan yang menewaskan 10 orang pada tahun berikutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Temukan bunker, tempat persembunyian sang mafia

Polisi Italia mengatakan telah menemukan tempat persembunyian kedua yang digunakan Messina Denaro. Yakni buker yang ditemukan di belakang lemari pakaian dengan alas geser.

Dikutip BBC, bunker lapis baja yang baru ditemukan berada di sebuah rumah sekitar 300 meter dari tempat persembunyian pertama bos Mafia di kota Campobello di Mazara, Sisilia.

3. Polisi temukan parfum hingga pil seks

Polisi juga menemukan parfum, pakaian buatan desainer, dan pil seks yang ditemukan di sebuah apartemen yang diyakini para penyelidik sebagai tempat persembunyian Messina Denaro.

Apartemen yang diegerebek berada di sebuah bangunan sederhana di dekat pusat Campobello di Mazara, sebuah kota di provinsi Trapani Sisilia Barat, hanya beberapa kilometer dari Castelvetrano, kota asal Messina Denaro.

4. 100 angkatan bersenjata dikerahkan

Sebanyak 100 lebih angkatan bersenjata dikerahkan saat penangkapan tersebut. Pihak berwenang mengatakan Messina Denaro tidak berusaha lari ketika dia menyadari operasi sedang berlangsung, dan bahwa dia mengaku sebagai orang yang dicari Carabinieri segera setelah mereka mendekatinya.

Mereka juga mengatakan bahwa buronan itu terlihat berpakaian bagus dan mengenakan pakaian kelas atas.

Messina Denaro ditangkap dengan mengenakan jam tangan mewah senilai 35.000 euro (Rp573 juta) ketika petugas menahannya.

5. Tuai pujian banyak pihak

Merespons hal ini, Presiden Italia, Sergio Mattarella, yang saudara laki-lakinya Piersanti dibunuh oleh Cosa Nostra pada 1980, mengucapkan selamat kepada menteri dalam negeri dan polisi militer carabinieri.

Perdana Menteri (PM) Giorgia Meloni melakukan perjalanan ke Sisilia hari ini dan mengunjungi tugu peringatan untuk Giuseppe Falcone dan para korban lain dari pengeboman pada 1992 di dekat Palermo, di mana dia mengheningkan cipta selama satu menit.

Meloni juga berterima kasih kepada angkatan bersenjata atas pekerjaan mereka dalam menahan anggota paling penting dari kelompok kriminal mafia.

"Ini adalah kemenangan besar bagi negara,” ujarnya.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini