Share

Kecam Aksi Pembakaran Alquran di Swedia, Iran: Ini Contoh Nyata Penyebaran Kebencian

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 24 Januari 2023 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 18 2751557 kecam-aksi-pembakaran-alquran-di-swedia-iran-ini-contoh-nyata-penyebaran-kebencian-HQS7Q1wsSC.JPG Politikus ekstrem kanan Denmark Rasmus Paludan membakar salinan kitab suci Alquran dalam demonstrasi di Stockholm, Swedia, 21 Januari 2023. (Foto: Reuters)

TEHERAN – Aksi pembakaran Alquran yang dilakukan politikus ekstremis sayap kanan Rasmus Paludan di Stockholm, Swedia, telah memicu kecaman dari banyak pihak, terutama negara-negara Islam. Pemerintah Iran mengatakan bahwa aksi tersebut dapat memicu kebencian dan kekerasan terhadap umat Islam.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan bahwa beberapa negara Eropa telah membiarkan ekstremis untuk menyebarkan kebencian terhadap nilai-nilai Islam dengan kedok mendukung kebebasan berpendapat. Dia menuding negara Eropa terus melembagakan Islamofobia dalam masyarakat mereka.

Disampaikan Kanaani, pembakaran Alquran adalah merupakan contoh nyata penyebaran kebencian dan pemicu kekerasan terhadap Muslim. Dia menegaskan bahwa tindakan itu tidak ada hubungannya dengan kebebasan berbicara dan berpikir.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mengatakan, bahwa umat Islam di seluruh dunia berharap pemerintah Swedia memastikan kejadian serupa tak terulang dan meminta orang yang bertanggung jawab tak luput dari hukuman.

Diketahui, Rasmus Paludan, pemimpin Partai Stram Kurs (Garis Keras), di bawah perlindungan polisi dan atas izin pemerintah, membakar salinan Alquran di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Sabtu (21/1/2023). Paludan telah berulangkali melakukan aksi pembakaran Alquran, yang sempat memicu kerusuhan di Swedia.

Baca Berita Selengkapnya: Aksi Rasis Rasmus Paludan Bakar Alquran Picu Kekerasan Terhadap Muslim

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini