Share

Gempa M4,3 di Cianjur, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Cugenang

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 525 2751705 gempa-m4-3-di-cianjur-bmkg-akibat-aktivitas-sesar-cugenang-V289GxGWvt.jpg Ilustrasi gempa (Foto: Freepik)

 

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,3 mengguncang di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (24/1/2023) dini hari. Gempa tersebut dipicu aktivitas Sesar Cugenang.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang,” tulis akun Instagram resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG.

BACA JUGA:Gempa Cianjur Berpusat di Darat, Satu Bocah Dilaporkan Terluka 

Getaran gempa tersebut turut dirasakan di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok dengan skala intensitas II MMI. Hal itu diketahui dari catatan peta tingkat guncangan (shakemap).

Namun, belum ada laporan mengenai dampak kerusakan gempa. “Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” tulis keterangan tersebut.

BACA JUGA:Gempa Cianjur M4,3 Guncangannya Terasa hingga Jaksel dan Tangsel 

Sejak 21 November 2022 hingga 24 Januari 2023, BMKG mencatat 487 gempa mengguncang Cianjur. Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini