Share

Korea Utara Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem Sangat Dingin, Suhu Melorot di Bawah 30C

Susi Susanti, Okezone · Rabu 25 Januari 2023 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 18 2752464 korea-utara-keluarkan-peringatan-cuaca-ekstrem-sangat-dingin-suhu-melorot-di-bawah-30c-CwtzTdcH7P.jpg Korea Utara keluarkan peringatan cuaca ekstrem suhu dingin (Foto: Yonhap)

PYONGYANG - Otoritas Korea Utara (Korut) telah memperingatkan kondisi cuaca ekstrem di negara itu saat gelombang dingin melanda semenanjung Korea.

Media resmi pemerintah mengatakan suhu cenderung turun di bawah -30C di wilayah utara, yang juga merupakan bagian termiskin di negara itu.

Daerah pesisir juga diperkirakan akan dilanda angin kencang. Ryanggang, Hamgyong Utara, dan Hamgyong Selatan, provinsi termiskin di negara itu dan diperkirakan paling rentan terhadap guncangan iklim, semuanya terletak di utara.

BACA JUGA: Cuaca Dingin Landa Afghanistan, Korban Meninggal Bertambah Jadi 124 Orang

NK News melaporkan listrik jarang ada di luar ibu kota Pyongyang, dan rumah tangga di tempat-tempat ini membakar kayu, dan mengeringkan tanaman untuk menghangatkan diri selama musim dingin.

BACA JUGA: Dikenal Sebagai Kutub Utara China, Kota Mohe Catat Suhu Terdingin Minus 53 Derajat Celcius

Di sana juga diketahui banyak yang hanya menggunakan bungkus plastik di sekitar pintu dan jendela mereka untuk isolasi.

Meski Korea Utara telah terpengaruh oleh cuaca ekstrem atau buruk seperti tempat lain, namun hanya sedikit yang diketahui tentang dampaknya terhadap rakyatnya.

Para ilmuwan mengatakan cuaca ekstrem, termasuk gelombang dingin, menjadi lebih umum karena perubahan iklim.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Peringatan gelombang dingin pada Selasa (24/1/2023) datang saat Pyongyang bersiap merayakan ulang tahun ke-75 Tentara Rakyat Korea pada minggu depan.

Radio Free Asia melaporkan pada Desember tahun lalu bahwa "sejumlah besar" orang di negara itu hilang akhir tahun lalu selama musim dingin yang ekstrem.

Banyak yang diperkirakan kelaparan atau mati kedinginan, karena merkuri turun di bawah titik beku dan makanan menjadi langka.

Menurut Lucas Rengifo-Keller, seorang analis riset di Peterson Institute for International Economics di AS, kerawanan pangan di Korea Utara dikatakan berada pada kondisi terburuk sejak kelaparan yang meluas pada 1990-an.

Tak hanya Korut, Korea Selatan (Kotsel) juga telah mengeluarkan peringatan gelombang dingin dan China utara telah mengalami rekor suhu terendah.

Suhu juga diperkirakan turun ke level terendah dalam satu dekade di Jepang minggu ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini