Share

5 Pengawal Presiden Terkenal Sangar dan Menakutkan di Asia Tenggara

Cita Najma Zenitha, · Rabu 25 Januari 2023 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 18 2752595 5-pengawal-presiden-terkenal-sangar-dan-menakutkan-di-asia-tenggara-pd7YVjumvB.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA- Terdapat 5 pengawal Presiden terkenal sangat dan menakutkan di Asia Tenggara. Beberapa pasukan elit militer terlatih yang siap melindungi kepala negara dan anggota pemerintahan.

Pasukan ini berasal dari satuan militer, kepolisian, atau sengaja dibentuk secara khusus yang berisikan orang terbaik di negaranya. Salah satunya memiliki kemampuan adalah. Mereka juga menguasai berbagai senjata dan ilmu beladiri.

Di Asia Tenggara terdapat pengawal kepresidenan yang terkenal menakutkan. Okezone telah merangkum 5 pengawal presiden terkenal sangat dan menakutkan di Asia Tenggara:

1. Presidential Security Force

Indonesia juga memiliki pengawal presiden menakutkan. Pengawal presiden ini tergabung dalam Presidential Security Force atau Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

Paspampres memiliki tugas mengawasi dan mengamankan kepala negara dan orang penting di Indonesia. Unit ini terdiri dari empat grup utama yaitu Paspampress A yang bertugas mengamankan presiden dan keluarganya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Paspampres grup B mengamankan wakil presiden dan keluarga, grup C mengamankan tamu negara, dan grup D bertugas mengamankan mantan presiden dan wakil presiden RI.

2. Guards Command

Pengawal presiden terkenal sangat datang dari Vietnam. Negeri Naga Biru ini memiliki pasukan The Guards Command yang bertugas melindungi pejabat senioran dan pejabat neggara.

Badan pertanahan negara yang beroperasi pada 1953 ini memiliki beberapa divisi kerja. Salah satunya Divisi Room 5 yang bertugas melindungi pemimpin partai dan pemimpin nega. Selanjutnya ada Room 6 yang bertugas melindungi acara penting dan tamu khusus internasional.

3. Presidential Security Group

Pengawal presiden terkenal sangat dan menakutkan di Asia Tenggara selanjutnya adalah Presidential Security Group. Unit Presidential Security Group (PSG) berasal dari Filipina.

Presidential Security Group adalah agen Filipina yang bertugas mengawal ketat presiden, wakil presiden, keluarga kepresidenan, mantan presiden, dan wakil mantan presiden Filipina.

4. Royal Security Command

Kerajaan Thailand memiliki komando termiliteri khusus bernama Royal Security Command. Unit ini juga merupakan bagian dari administrasi negara. Mereka bertugas menjalankan komando dan kontrol atas unit militer.

Royal Security Command resmi berdiri pada tahun 1962. Pengawal Kerajaan Thailand ini bertanggung jawab atas perencanaan pengarahan dan koordinasi dataemen untuk rata dan ratu ahli waris dan amu kerjaan.

5. First Battalion Royal Malay Regiment

Negeri Jiran Malaysia juga memiliki unit bertipe infanteri bernama First Battalion Royal Malay Regiment. Unit pengawal presiden ini sudah beroperasi sejak tahun 1932 sata Malaysia masih berada di tangan Inggris.

Unit pertahanan negara Malaysia ini terdiri dari 27 Batalyon. Mereka bertugas untuk mengawal keluarga kerajaan atau pemimpin negara.

Demikian 5 pengawal Presiden terkenal sangat dan menakutkan di Asia Tenggara. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini