Share

Gunung Ile Lewotolok 4 Kali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 200 Meter

Joni Nura, iNews · Minggu 19 Maret 2023 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 19 340 2783693 gunung-ile-lewotolok-4-kali-erupsi-muntahkan-abu-vulkanik-setinggi-200-meter-wmwdQipLaJ.jpg Gunung Ile Lewotolok erupsi (Foto: PVMBG/Joni Nura)

FLORES - Aktivitas kegempaan dan vulkanis, Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meningkat. 

Pada hari ini, Minggu (19/3/2023), terjadi empat kali letusan pasca statusnya turun menjadi waspada level dua. Pada pagi tadi erupsi kembali terjadi dengan ketinggian abu mencapai 200 meter dari mulut kawah.

Warga sekitar lereng gunung terutama di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur diminta waspada terhadap luncuran awan panas guguran.

Pengamat gunung api Posmat Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian mengatakan, sejak erupsi pada 29 November 2020, pihak PVMBG mengimbau agar warga tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari puncak gunung. Mengingat adanya potensi terjadinya awan panas guguran.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain erupsi pagi tadi, pada malam hari juga masih terlihat sinar api di pucak gunung api dan bunyi gemuruh.

Hingga saat erupsi Gunung Ile Lewotolok masih saja terjadi dan disertai dengan letusan yang masih terjadi. Sementara warga yang berada di kaki Gunung Ile Lewotolok masih bertahan dan belum memilih mengungsi.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini