Share

Miliki 40 Kamar Tidur, Rumah Termahal di Dunia Milik Bangsawan Saudi Dijual Rp4,6 Triliun

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 24 Maret 2023 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 24 18 2786581 miliki-40-kamar-tidur-rumah-termahal-di-dunia-milik-bangsawan-saudi-dijual-rp4-6-triliun-GfwSPayQR9.jpg The Holme dijual seharga Rp4,6 triliun. (Foto: Wikimedia Commons)

LONDON – Sebuah mansion berusia 205 tahun di London, Inggris yang dinamai The Holme, dijual dengan harga fantastis £250 juta (sekira Rp4,6 triliun), membuatnya menjadi mansion termahal di dunia.

Dikenal sebagai “Gedung Putih Regent’s Park” karena fasadnya yang mirip dengan kediaman resmi Presiden Amerika Serikat di Washington, DC, The Holme memiliki 40 kamar tidur, delapan garasi, lapangan tenis, sauna, perpustakaan, dan “ruang makan besar”, sebagai bagian dari bangunan seluas sekira 2694,2 meter persegi.

Mansion ini dibangun pada 1818 oleh pengembang properti Georgia James Burton, The Holme berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga Burton, sebelum digunakan oleh Bedford College selama beberapa dekade. Mansion ini menjadi tempat tinggal pribadi pada 1980-an dan telah dipasarkan beberapa kali sejak itu, dan selalu dengan harga yang sangat tinggi setiap saat.

Saat ini The Holme dijual seharga £250 juta, harga tertinggi yang pernah ditetapkan untuk rumah mana pun, demikian diwartakan Oddity Central.

Mansion ikonik ini sebelumnya dimiliki oleh anggota keluarga kerajaan Saudi, tetapi baru-baru ini diambil alih setelah pinjaman sekitar USD180 juta jatuh tempo. The Holme adalah aset paling mahal di antara yang digunakan untuk penjamin utang, dan penjualannya dipandang sebagai cara tercepat dan termudah untuk membayar utang.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut majalah mewah Robb Report, The Holme adalah rumah termahal yang saat ini terdaftar untuk dijual di manapun di dunia, termasuk pemegang gelar 'rumah termahal' sebelumnya yang dipegang oleh penthouse tiga lantai di Menara Central Park Kota New York yang gila tersedia September lalu seharga USD250 juta.

The Holme diharapkan menarik minat pembeli domestik dan asing, banyak dari mereka bahkan tidak mempertimbangkan untuk tinggal di sana, dan lebih memilih untuk menambahkannya ke portofolio investasi mereka.

Mansion dua lantai ini mungkin dianggap sebagai mansion termahal di dunia, tetapi secara teknis masih berada di belakang Villa Aurora, sebuah vila Roma yang memasuki pasar properti tahun lalu dengan harga €471 juta (sekira Rp 7,7 triliun). Namun, harga itu bisa dibenarkan oleh fakta bahwa Villa Aurora menampung satu-satunya mural langit-langit yang pernah dilukis oleh seniman Baroque Italia, Caravaggio.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini