Open House, Gedung Agung Yogya Diserbu Warga

YOGYAKARTA - Hari pertama digelarnya Festival Malioboro hari ini ditandai dengan dibukanya Istana Kepresidenan (open house) Gedung Agung di jalan Malioboro yang selama ini tertutup untuk umum.

Pantauan di lokasi, Jumat (6/11/2009), sejak pukul 9 pagi sudah banyak anak-anak TK yang mengantre untuk bisa masuk dan berkeliling di dalamnya.

"Sebelum dibuka justru anak TK sudah mulai menunggu dan masuk berkeliling gedung Agung. Setelah itu disusul rombongan mahasiswa UGM," Kata Panitia Festival Malioboro, Maria Novita, kepada wartawan.

Maria menambahkan, gedung agung dibuka pukul 9-12 khusus bagi pelajar-mahasiswa. Sedangkan pukul 13-15 diperuntukkan bagi umum. Menurutnya, para pengunjung tidak dipungut biaya dalam open house Gedung Agung dari 6-8 November kedepan.

"Saat masuk dan mendaftar, pengunjung akan didampingi para guide yang berjumlah 12 orang," katanya.

Maria menjelaskan, dibukanya Istana Gedung Agung merupakan salah satu program Istana untuk rakyat (istura) yaitu program 100 hari pemerintahan presiden SBY terhadap lima istana kepresidenan yang ada di Indonesia.

Di dalam istana, para pengunjung bisa menikmati seluruh ruangan yang dulu sempat menjadi kantor Presiden Sukarno dan Muhammad Hatta. Acara ini juga dimeriahkan beberapa rangkaian acara seperti festival kuliner dan karnaval.

(teb)
Live Streaming
Logo
breaking news x