Relokasi Tak Menyelesaikan Persoalan di Sampang

|

Ilustrasi bentrokan (foto: Okezone)

Relokasi Tak Menyelesaikan Persoalan di Sampang

JAKARTA - Pemerintah perlu memberikan perhatian serius pada tragedi Sampang, Jawa Timur terutama korban yang saat ini mengungsi di GOR Sampang. Selain itu, pemerintah harus mengusut tuntas konflik Sampang dengan tidak menyederhanakan menjadi sekedar isu konflik keluarga.

"Kita nih banyak bermacam pendapat tentang Sampang, kejadian ini tidak hanya sekali sudah terjadi dua kali pertama tahun 2004 itu terjadi karena masalah keluarga. masalah sederhana masalah keluarga yang menjadi pemicu konflik di Sampang jangan hanya sebatas permasalahan di situ. Jadi menurut saya masalah tersebut tidak bisa diselesaikan dengan tuntas," ujar Komisioner Komnas HAM, Ridha Saleh saat berbincang dengan Okezone.

Pemerintah, lanjut dia, tidak hanya memperhatikan relokasi saja, tapi yang terpenting adalah kelompok minoritas turut diperhatikan juga.

"Pemerintah dan penegak hukum harus perhatikan juga masalah ini. Contohnya yang menjadi korban itu yang ditangkap dan tersangkanya dibiarkan ini tidak menyelesaikan masalah. Masalah sederhananya saja, masalah kebencian yang mendominasi. Dan masalah relokasi tidak menyelesaikan masalah tersebut harus diperhatikan lebih dalam lagi," ungkapnya.

Ridha beranggapan bahwa bila pemerintah tidak sungguh-sungguh dan jujur dalam mengungkapkan peristiwa Sampang akan menghalangi hak-hak korban.

"Jika pemerintah lamban dalam mengusut kasus Sampang, masalah serupa bisa berulang baik di Sampang maupun di daerah lainnya. Perempuan dan anak-anak yang menjadi  korban, baik secara langsung maupun tak langsung, juga akan dirugikan dengan penanganan kasus yang tidak tepat," tutupnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dua Bocah Ditemukan Terkubur Dalam Salju