Iberamsjah: Jokowi Tak Berkualitas jadi Capres

Iberamsjah: Jokowi Tak Berkualitas jadi Capres

Jokowi (foto: Heru Haryono/okezone)

JAKARTA - Popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden 2014 mengungguli tokoh lainnya. Bahkan elektabilitas Jokowi itu mengungguli sejumlah tokoh senior lainnya seperti Prabowo Subianto, Hatta Rajasa, Jusuf Kalla dan Aburizal Bakrie serta Megawati Soekarno sekaligus.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Iberamsjah mengatakan, tajamnya popularitas Jokowi karena di pengaruhi adanya loyalitas publik terhadap Jokowi. Selain itu, publik belum melihat sisi negatif mantan Wali Kota Solo itu. Namun, kata Iberamsjah, bila survei dilakukan kembali beberapa bulan mendatang tentu akan berubah hasilnya.

"Ya, dari hasil survei tersebut Jokowi bisa mengungguli dari tokoh-tokoh senior lainnya, mungkin dipengaruhi dua faktor. Pertama, Jokowi hari ini sedang di senangi publik, kemudian penyakitnya belum terlihat oleh publik, tapi kalau survei itu dilakukan dua bulan mendatang mungkin hasilnya akan berubah karna masyarakat sudah mulai mempertanyakan kinerja Jokowi ," kata Iberamsjah saat di hubungi Okezone, Rabu (20/2/2013).

Jokowi kata dia, tidak mempunyai kapasitas untuk menjadi perseta di bursa pencalonan presiden dan wakil presiden, mengingat produk-produk Jokowi dinilai kurang berjalan lancar. Seperti program penanggulan musibah banjir, kemacetan Jakarta belum bisa di tangani secara optimal atau persoalan Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang baru-baru ini yang sedang terjadi. Faktor itulah yang akan menyebabkan akan menurunnya kembali elektibitasnya.

"Ya hal seperti pengatasan banjir, macet lalu yang baru-baru ini persoalan KJS. jokowi belum bisa mengatasinya, jadi menurutku Jokowi tidak punya kualitas kesana," Katanya

Sebelumnya, Jokowi menolak maju namun masih mempunyai peluang meski tidak signifikan seperti saat ini "Walaupun demikian peluang Jokowi untuk pencalonan tersebut tetap ada hanya saja tidak sesignifikan hasil sekarang, yaitu mampu mengalahkan tokoh-tokoh senior lainnya," ucapnya.

(hol)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ribuan Warga Tanjung Priok Cairkan Dana Kompensasi BBM