3 Tahun Buron, Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Speed Boat Dicokok

Senin, 04 Maret 2013 09:36 wib | Sefnat Besie - Sindo TV

3 Tahun Buron, Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Speed Boat Dicokok KEFAMENANU - Hampir tiga tahun menjadi buron, Direktur CV Inna Mandiri, perempuan berinsial DFT, akhirnya ditangkap polisi di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia diduga melakukan praktik korupsi dalam proyek pengadaan dua unit speed boat untuk Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU) yang ditangani perusahaannya.

"Tersangka pagi tadi kami tangkap. Dia tersandung kasus korupsi kapal ikan untuk Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Timor Tengah Utara," ujar Kapolres TTU, AKBP I Gede Mega Suparwitha, di Kefamenanu, TTU, Senin (4/3/2013).

Suparwitha menjelaskan, CV Inna Mandiri merupakan kontraktor pelaksana proyek pada 2009 dengan nilai kontrak Rp757.201.500. Pengadaan proyek, 90 persen bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan sisanya dari dana alokasi umum (DAU).

Namun faktanya, spesifikasi speed boat yang dibeli tidak sesuai dengan kontrak. Sehingga disinyalir terjadi kerugian negara akibat ketidaksesuaian itu.

Sebelumnya, polisi sudah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus ini, dua di antaranya dari Pemkab TTU dan sisanya panitia provisional hand over (PHO).

"Panitia PHO, mantan kadis, dan bendaraha Dinas Perikanan dan Kelautan TTU sudah kami periksa sebelumnya. Hari ini, kami  mulai memeriksa tersangka DFT. Dalam waktu dekat sudah bisa dilimpahkan berkas kasusnya  ke Kejaksaan," pungkas Suparwitha. (Sefnat Besie/Sindo TV/ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »