Lepas Kursi DPR, Ketua PDIP Bali Nyalon DPD

Selasa, 23 April 2013 02:02 wib | Rohmat - Okezone

Lepas Kursi DPR, Ketua PDIP Bali Nyalon DPD Ilustrasi (Okezone) DENPASAR - Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Anak Agung Ngurah Ratmadi memilih melepas tiket kursi ke Senayan dan memilih bertarung untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Hanya saja, pada hari terakhir jadwal pendaftaran DPD pukul 16.00 Wita di Kantor KPU Provinsi Bali, Oka Ratmadi memilih mengutus ajudannya untuk mendaftarkan diri.

"Iya bapak mewakilkan saya untuk mendaftar ke DPD RI," ujar seorang ajudan Oka Ratmadi disela pendaftaran di Kantor KPU Bali Jalan Tjok Agung Tresna, Denpasar, Senin (22/4/2013).

Dengan membawa dua kotak plastik besar, Ratmadi yang saat ini Ketua DPRD Bali menyertakan syarat dukungan dari warga plus KTP untuk proses verifikasi administratif  di KPU.

Menariknya, posisinya sebagai Ketua DPD PDIP Bali, sebenarnya pria yang disapa Cok Rat itu mengantongi tiket utama melenggang ke DPR RI. Namun anehnya, tiket itu dilepas dan dia memilih jalur DPD.

Selai  Cok Rat, politisi yang juga memilih hijrah ke jalur DPD adalah Gde Pasek Suardika yang saat ini masih menjadi Ketua Komisi III DPR RI asal Partai Demokrat.

Ketua KPU Bali, Ketut Lanang Perbawa mengatakan, sampai batas akhir telah terdaftar 44 orang pendaftar dari berbagai latar belakang mulai politisi, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh adat dan agama, pengusaha dan lainnya.

"Kami akan segera verifikasi dahulu semua berkas administratif untuk menentukan apakah mereka memenuhi persyaratan atau tidak sebagai calon DPD RI," ujar dia.

Verifikasi secara administratif akan dimulai besok 23 April sekira sepuluh hari dan akan disampaikan ke para calon yang syarat kelengkapan masih kurang. Setelah itu baru dilakukan verifaksi faktual untuk menentukan lolos tidaknya calon.

Terkait jumlah peminat DPD dibanding lima tahun lalu yang berjumlah sekira 30 an orang, tahun ini ada peningktan atau lebih banyak. Di antara yang akan maju adalah empat anggota DPD inchumbent saat ini yakni Alit Kelakan, Wayan Sudirta, Kadek Arimbawa atau Lolak dan Nengah Wirata. 

"Jika melihat komposisinya, banyak muka-muka baru di DPD namun mereka cukup senior di masyarakat baik sebagai tokoh adat, agama maupun politisi," ujarnya. (put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »