Referensi Wisata di Arab Saudi untuk Jamaah Haji

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Selain memenuhi panggilan Allah SWT untuk beribadah haji, banyak juga jamaah yang memanfaatkan waktu luang untuk berkunjung ke tempat wisata religi di Arab Saudi.

Kabid Humas Kementerian Agama (Kemenag), Rosidin Karidi, mengungkapkan bahwa jamaah bisa memilih terus beribadah sepanjang masa haji, atau di sela-sela waktunya melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata.

"Jamaah bisa mengunjungi Museum Masjidil Haram. Di sana ada penjelasan soal sejarah Kakbah, miniatur Masjidil Haram, Miniatur Sumur Zam-Zam, dan Qiswah pada zaman dahulu seperti apa. Ada fotonya semua dipamerkan di sana," tutur Rosidin kepada Okezone, Senin (8/8/2016).

"Selain itu, jamaah jika mau bisa ke Gua Hiro. Namun kalau mau ke sana pastikan dulu fisik kita kuat, karena medannya menanjak dan curam di sana," lanjut Rosidin.

Panitia haji pun mengimbau bagi jamaah yang bepergian untuk tak melakukan perjalanan seorang diri. Pastikan untuk selalu bersama jamaah lain agar tak tersesat selama berwisata di Tanah Suci. "Intinya jangan pergi sendirian, ke mana pun pergi harus ada temannya," pesan Rosidin.

Selama di Arab Saudi, jelas dia, para jamaah bisa mengatur waktu sendiri untuk memanfaatkan waktu luang. Hal tersebut dirasa penting, mengingat keterbatasan waktu di Arab Saudi.

"Misal nih, di Madinah, kita kan delapan hari di sana. Di sana jamaah Salat Arbain, atau salat 40 rakaat. Jadi setelah itu bisa diatur sendiri, mau bepergiannya setelah Dhuhur atau seperti apa, asal tahu ketentuannya, wajib dan rukun jangan sampai terlewat," terang Rosidin.

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x