Alasan Polisi Tahan Ahmad Dhani Cs di Mako Brimob

JAKARTA - Sepuluh orang aktivis ditangkap aparat Polda Metro Jaya. Sebanyak delapan orang dituduh melakukan upaya makar yang diatur dalam Pasal 107 KUHP juncto Pasal 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP. Sementara dua orang lainnya berkaitan dengan penghinaan yang diatur dalam Pasal 28 Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Mereka digelandang ke Markas Komando Brimob, Kelapa Dua Depok untuk dilakukan pemeriksaan intensif. "Untuk memudahkan pemeriksaan saja. Di sana lebih safety di mana di dalam Mako Brimob jarak pagar dengan ruang di sana cukup berjauhan," kata Rikwanto saat jumpa pers dengan wartawan di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2016).

Sedikitnya ada 10 orang yang diamankan polisi sejak semalem hingga pagi hari tadi. Mereka di antaranya mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen, eks Staf Ahli Panglima TNI Brigjen (Purn) Adityawarman Thaha, Ketua Solidaritas Sahabat Cendana Firza Husein.

Kemudian seniman sekaligus aktivis politik Ratna Sarumpaet, pentolan Dewa 19 sekaligus calon Wakil Bupati Kabupaten Bekasi Ahmad Dhani, Sri Bintang Pamungkas, Rizal Kobar, Jamran, dan Eko serta termasuk Rachmawati.

‪Penengakapan ini, kata Rikwanto berawal dari penyelidikan Polda Metro Jaya bukan atas dasar laporan polisi dari masyarakat.

(qlh)
breaking news x