nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jubir SBY Puji Habis Dian Triansyah

Iman Rosidi, Jurnalis · Selasa 20 November 2007 17:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2007 11 20 1 62364

SINGAPURA-Piagam ASEAN baru saja ditandatangani oleh seluruh Kepala Negara ASEAN termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dibalik kesuksesan penandatanganan Piagam ASEAN ini, ada diplomat-diplomat RI yang berada dibalik konseptor Piagam ASEAN.

Jurubicara Kepresidenan Dino Pati Jalal memuji Dirjen Kerjasama ASEAN Departemen Luar Negeri Dian Triansyah Djani sebagai pihak yang berperan besar untuk mengegolkan kesepakatan yang menentukan masa depan ASEAN itu.

"Dia adalah pejabat yang memfinalisasikan piagam ASEAN. He is the rising star di Deplu,"sebut Dino dalam keterangan pers di Hotel Sangrila Singapura tempat perhelatan KTT ASEAN ke 13, Selasa (20/11/2007).

Mendengar hal itu, Dian pun tersenyum dan tersipu mendengar pujian dari Dino yang kebetulan sama-sama pejabat Departemen Luar Negeri.

Dian mengakui proses penandatanganan Piagam ASEAN memerlukan waktu yang panjang yaitu sejak Bali Concord 2 tahun 2003. Dian menjelaskan Indonesia dalam Bali Concord 2 merupakan promotor untuk sejumlah kesepakatan seperti ASEAN Economic Community dan ASEAN Social Culture Community. "Nah pada waktu kita menjadi Ketua ASEAN Minitrail Meeting. Kita berhasil mengolkan plan of action dari ASEAN Security Community,"ungkap Dian.

Menurut Dian dalam plan of action, Indonesia memeperjuangakan adanya suatu charter atau Piagam ASEAN. "Nah dari situ ditindaklanjuti dengan membentuk suatu eminent person group dimana RI diwakili oleh Ali Alatas, itu terjadi di KTT Kuala Lumpur . Nah, eminent person group ini telah satu tahun bekerja dan menghasilakn rekomendasi. Rekomendasi itu akhirnya diterima oleh kepala Negara di KTT Cebu lalu,"paparnya.

"Tindaklanjutnya ditugaskan kami high level task force, untuk merancang secara rinci. Prosesnya cukup lama, kita telah mengadakan 13 kali pertemuan high level task force ini di mana di sela sela pertemuan minta arahan pada menteri sampe tiga kali dan akhirnya ditandatangani lah hari ini," sebut Dian.

(sjn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini