Psikolog: Anak Korban Penculikan Butuh Konseling

Dadan Muhammad Ramdan, Okezone · Selasa 25 November 2008 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2008 11 25 1 167650

JAKARTA- Psikolog menilai anak korban penculikan yang mengalami trauma atau stres berat membutuhkan konseling untuk memulihkan kondisi kejiwaannya akibat pengalaman tidak menyenangkan yang dialaminya.

"Kalau anaknya sampai stres berat atau trauma, maka diperlukan konseling oleh ahli untuk memulihkan kondisi kejiwaannya," kata Psikolog Universitas Indonesia Sugiarti saat berbincang dengan okezone via telepon, Selasa (25/11/2008).

Menurut Sugiarti, anak mengalami trauma lantaran dihadapkan pada keadaan yang tidak mengenakan, merasa terancam dan jauh dari orangtua. Berada dalam kekuasaan orang yang tidak dikenal, dibawa ke sutau tempat yang asing membuat anak stres.

Trauma juga bisa terjadi akibat ada tekanan fisik seperti tindakan kekerasan, perampasan barang berharga miliknya. "Anak yang mengalami trauma terlihat dari perilaku yang beda dari biasanya, seperti banyak bengong atau nangis histeris," papar.

Ketika anak mengalami keadaan demikian, maka tindakan konseling diperlukan. Dalam hal ini, pihak sekolah dan orangtua harus mendukung anak dengan membawanya ke psikolog.

Pemulihan, kata dia, membutuh proses dan waktu, dimana cepat tidaknya kembali kepada keadaan normal tergantung berat ringannya trauma yang dialami anak. "Orang tua juga harus membantu menyakinkan anak dengan memberikan dukungan rasa aman bahwa keadaan sudah baik agar anak menjadi tenang," ujar Sugiarti.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nanda Delia dan Shelgy Nursyahbani atau Egi, dua pelajar SDN Percontohan Tamansari sempat diculik seorang wanita bertubuh kurus dengan berpakaian mirip guru pada Senin 24 November siang. Pelaku kemudian meninggalkan korban di Mal Kalibata setelah mempreteli perhiasan anak tersebut.

Akibat penculikan tersebut, Shelgy Nursyahbani mengalami trauma yang cukup dalam sehingga merungurug diri di dalam kamar.(ram)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini