Yusril: Sisminbakum Pengalihan Isu

Taufik Hidayat, Okezone · Kamis 01 Juli 2010 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 01 339 348670 1XKE8X1c1N.jpg Yusril Ihza Mahendra. (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Yusril Ihza Mahendra merasa kasus Sisminbakum yang kembali diangkat oleh Kejaksaan Agung merupakan pengalihan isu. Pasalnya, masih terdapat kasus lain yang nilainya berada di atas Sisminbakum, namun masih tidak tersentuh.

Hal ini diungkapkan Yusril di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/7/2010).

"Sebelumnya saya sudah bilang Sisminbakum ini mengalihkan Bank Century. Bank Century kan kasus besar yang bisa melibatkan pejabat di bawah Presiden. Bahkan Presiden juga bisa terkait-kait dengan Bank Century itu," katanya,

Menurut Yusril, sudah banyak isu yang coba diangkat untuk mengalihkan kasus Bank Century. Seperti Susno Duadji, atau video porno. Namun isu-isu itu mudah dilupakan orang. "Cari lagi isu baru, saya bisa menjadi sasaran untuk menenggelamkan kasus Bank Century," katanya.

Yusril memaparkan, jika dilihat dari substansi pelanggarannya, hingga hari ini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tidak menemukan adanya kerugian negara. Sementara Bank Century yang merugikan Rp6,7 triliun, tak jua ditangani oleh Kejaksaan Agung.

"Kenapa Boediono tidak bisa dituntut? Dia bilang karena itu kebijakan. Padahal Rp6,7 triliun lho. Sementara Sisminbakum tidak sebesar itu, tidak menggunakan uang negara, dan tidak merugikan keuangan negara, dan menguntungkan negara tapi malah dituntut. Ini ada apa? Jelas ini ada unsur politik yang bermain," papar mantan Menteri Hukum dan HAM ini.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini