Share

Unpad: Belum Ada Data Resmi Pengikut NII

Iman Herdiana, Okezone · Senin 06 Juni 2011 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 06 373 464938 YflcC9Muy3.jpg Pendiri NII Kartosoewirjo (ist.)

BANDUNG - Universitas Padjdjaran (Unpad) tidak memiliki data resmi jumlah mahasiswa mereka yang terlibat gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

Dosen Fakultas Ilmu Politik Sosial (FISIP) Unpad Iman Sholeh mengatakan, memang ada mahasiswa Unpad yang terlibat NII tetapi jumlah pastinya belum ada.

"Bisa banyak bisa sedikit, tapi belum ada data resmi dari Unpad. Pendataan baru kami lakukan sejak tiga minggu lalu," kata Iman, di Unpad, Bandung, Jawa Barat, Senin (6/6/2011).

Namun, berdasarkan data Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI), ada 257 mahasiswa Unpad terlibat gerakan NII. Data ini diperoleh FUUI justru dari Unpad.

Iman menjelaskan, data FUUI tersebut muncul berdasarkan penyelidikan yang dilakukan organisasi Forum Komunikasi Dakwah Fakultas (FKDF). Organisasi FKDF sendiri bukan organisasi formal di Unpad. "Jadi 257 yang sudah terekrut dan jadi korban merupakan acuan tidak resmi," jelasnya.

Meski begitu, kata Iman, bukan berarti Unpad meragukan kredibelitas FUUI yang sudah lama menyelidiki NII. "Tapi data 257 mahasiswa itu bukan data resmi Unpad," tambahnya.

Menurut Iman, isu NII masuk ke perguruan tinggi memang sudah lama, sejak 90-an. Di Unpad sendiri, isu tersebut mulai santer sejak 2000-an. Isu NII kembali menyeruak sekira tiga bulan lalu. Maka, sekarang pihaknya masih mengumpulkan data, menyosialisasikan kepada fakultas, termasuk ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unpad.

"Jika ada mahasiswa yang terlibat, kami tidak akan memecatnya, karena mereka korban. Jika mereka korban cuci otak, kami akan "cuci otak" kembali dengan program kami supaya mereka keluar," paparnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini