nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akademi Andalan Lecut Kompetensi Bidan

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2012 14:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 02 02 373 568259 c7oizFXc2u.jpg 18 mahasiswa kebidanan menerima beasiswa USD1.000 (Foto: Margaret P/okezone)

JAKARTA - Sebanyak 18 mahasiswa kebidanan berprestasi dari 12 kota di Indonesia menerima beasiswa senilai USD1.000 dari DKT Indonesia. Tidak hanya berprestasi secara akademis namun bidang nonakademis pun turut menjadi penilaian.

Hal ini diungkapkan perwakilan DKT Indonesia, Brand Manager Program KB Andalan Aditya Putra. Dia mengungkapkan, pemilihan 18 mahasiswa dari 250 pendaftar program Akademi Andalan tersebut melalui pertimbangan berbagai faktor.

"Bukan hanya melihat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), kami (DKT Indonesia) bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga melihat prestasi nonakademis yang dimiliki oleh para mahasiswa. Misalnya, keaktifan mereka dalam organisasi di kampus dan sejumlah prestasi seperti pemenang kompetisi debat bahasa Inggris," ujar Aditya di Hotel Harris, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2012).

Aditya menyebutkan, tidak selesai berdasarkan prestasi akademis dan nonakademis, para pendaftar ini juga diminta menulis esai bertema 'Kenapa Aku Ingin Jadi Bidan'. Esai tersebut kemudian mereka presentasikan.

Menyadari profesi seorang bidan tidak hanya harus memiliki kemampuan akademis saja, para penerima beasiswa ini juga diberikan pembekalan, dan pelatihan terkait kepemimpinan serta cara berkomunikasi.

"Menjadi bidan bukan hanya pintar saja tapi juga harus memiliki soft skill. Selama tiga hari, sejak 29 Januari 2012, mereka mendapatkan pembekalan mengenai apa yang harus mereka persiapkan ketika nanti menjadi seorang bidan dan membuka klinik," tutur Aditya.

Sementara Country Director DKT Indonesia Todd Callahan menambahkan, program beasiswa Akademi Andalan memiliki dua tujuan utama. "Pertama, digunakan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa terkait kebidanan. Kedua, bagaimana mengabdikan diri dan melakukan pelayanan kepada masyarakat," kata Callahan.

Dia menyebutkan, program Akademi Andalan akan dilakukan secara rutin. "Namun perlu dilihat kembali aplikasi dari para penerima beasiswa di angkatan pertama ini. Demikian pula dengan nominal beasiswa yang akan kami berikan di tahun berikutnya," ujarnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini