Share

40 Roket Siap Berlaga di Komurindo 2012

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 04 Juni 2012 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 04 373 640941 2ADmyDaSRM.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Sebanyak 40 tim dari 32 perguruan tinggi akan berlaga dalam ajang Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2012. Bertempat di Pantai Congot Kulonprogo Yogyakarta, kompetisi ini akan dilangsungkan pada 8-10 Juni mendatang.

Tahun ini Komurindo mengusung tema "Attitude Monitoring and Surveillance Payload," yaitu kompetisi untuk mendapatkan hasil rancang bangun muatan roket (payload) yang mampu kembali kepada sasaran yang telah ditentukan (homming) setelah terlepas dari roket peluncur. Roket ini berbahan bakar propelan padat dan dapat mencapai tinggi terbang 2 km.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pemindahan lokasi ke Pantai Congot bukan tanpa alasan. "Garis Pantai Congot cukup panjang. Uji terbang bukan ke laut, tapi bagaimana roket bisa kembali ke pantai lagi. Sehingga muatan roket dapat diambil kembali untuk dipelajari lebih lanjut oleh mahasiswa," kata salah satu juri Komurindo 2012, Rika Andriarti di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2012).

Rika menyebutkan, misi yang diusung dalam Komurindo tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Kompetisi ini berupaya menanamkan kecintaan generasi muda terhadap dunia dirgantara dan antariksa, khususnya roket. "Perkembangan prestasi semakin hari semakin baik. Sekarang masih ada misi yang sama dengan tahun lalu. Tahun lalu ada kelemahan di home (peluncur). Kami ingin meneruskan misi ini, melihat usaha para peserta," ujar perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) itu menjelaskan.

Rika menyebut, melalui Komurindo, terjadi transfer ilmu antarangkatan. "Peserta setiap tahun berubah. Naik semester, mereka berusaha mengajak juniornya ikut lomba," tutur Rika.

Selain Rika, terdapat empat juri lain dari sejumlah universitas dalam Komurindo 2012. Mereka adalah Wahidin Wahab dari Universitas Indonesia (UI), Heru Santosa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Indrawanto dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Endra Pitowarno dari Pens-ITS Surabaya.

Penjurian ajang tahunan keempat ini terbagi dalam tiga tahap. Pertama uji fungsional dan integrasi muatan. Kedua uji terbang muatan. Pada tahapan ini, juri akan menilai apakah muatan roket yang disiapkan peserta layak uji terbang. Tahapan ketiga adalah uji pemotretan. Hasil uji terbang yang tercermin dalam hasil pemotretan harus mereka presentasikan di hadapan para juri.

Ke-40 tim peserta Komurindo 2012 berasal dari berbagai provinsi di Nusantara. Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa dan satu pembimbing ini meliputi satu tim dari provinsi Sumatera Utara, satu tim dari Sumatera Selatan, dua tim dari Lampung dan Banten, tiga tim berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Tengah, Jawa Timur menyumbang tiga tim, 10 tim yang mewakili Yogyakarta dan Jawa Barat, serta satu tim dari Nusa Tenggara Barat.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini